Intip Kondisi New Normal di Sejumlah Negara

oleh -
Ilustrasi era New Normal di dunia

MAKASSAR, INTELLIGENT – Bagai gelinding bola salju, penyebaran COVID-19 tak kunjung usai. Setiap harinya, pertumbuhan angka positif COVID-19 kian meningkat. Kondisi ini menyebabkan kemorostan di berbagai aspek kehidupan, terutama di sektor perekonomian.

Hal tersebut membuat negara-negara di dunia mencari solusi untuk mengembalikan tatanan aspek kehidupan seperti sediakala. New normal merupakan sebuah solusi yang telah dijalani sejumlah negara, yaitu kembali beraktivitas di luar rumah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Beberapa negara seperti Australia, Italia, dan Inggris telah menerapkan New Normal dengan mengeluarkan sejumlah peraturan yang mendukung tatanan kehidupan baru tersebut. Begini penerapan New Normal yang berbeda-beda di tiap negara.

  • Australia

Australia merupakan negara federal yang memiliki negara bagian dan memberikan otonomi khusus bagi negara-negara bagian tersebut. Di negara bagian New South Wales (NSW), restoran dan kafe telah dibuka pada pertengahan Mei 2020.

Tak hanya itu, pemerintah NSW juga memperbolehkan warganya untuk kembali bekerja, membuka kegiatan belajar di sekolah secara bertahap, dan mulai mengizinkan pengadaan pertemuan publik yang dibatasi hingga 10 orang.

  • Italia

Sebelumnya, Italia merupakan negara yang memberlakukan aturan lockdown sebab menjadi negara dengan kasus positif COVID-19 tertinggi di dunia. Kini, Italia memperbolehkan perjalanan masuk dan keluar Italia bagi pelancong dengan kondisi tertentu.

Beberapa kondisi tesebut, ialah alasan pekerjaan, kesehatan, keadaan darurat, dan diperbolehkan pula bagi warga Italia yang tinggal di luar negeri untuk dapat kembali ke Italia. Bagi perjalanan internasional dengan alasan pariwisata belum dapat dilakukan.

  • Inggris

Inggris mulai menerapkan aturan New Normal pada awal Juni 2020 dengan mengizinkan warganya untuk bertamu dan berkumpul. Namun, pengadaan bertamu dan berkumpul harus menerapkan beberapa persyaratan yang telah ditetapkan.

Bertamu dan berkumpul tetap menerapkan protokol kesehatan dan memerhatikan physical distancing. Selain itu, Inggris juga membatasi jumlah orang dalam perkumpulan tersebut sebanyak 6 orang dan diadakan di luar ruangan.

Beberapa negara tersebut telah menjalankan new normal dengan menerapkan sejumlah aturan di tengah penyebaran COVID-19. Indonesia sebagai negara yang tengah mempersiapkan New Normal dapat belajar dari persiapan negara lainnya menghadapi era New Normal.

*Reporter : Kru-M50