Formatur Ketum BPM : Optimalisasi Medsos Tonggak Bertahan KEMA-PKM

oleh -
Ilustrasi pembatasan aktivitas akibat COVID-19 (Foto : katadata.co.id)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Pandemi COVID-19 berimbas pada seluruh aktivitas perkuliahan di Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas), termasuk aktivitas organisasi Keluarga Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar (KEMA-PKM).

Pembekuan kegiatan kemahasiswaan mulai berlaku sejak 16 Maret 2020 berdasarkan Surat Edaran Direktur Poltekkes Kemenkes Makassar Nomor UM.01.05/1/1380/2020. Pembekuan ini telah berlangsung selama lebih dari satu bulan terhitung hingga 20 April 2020.

Formatur Ketua Umum Badan Perwakilan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar (BPM PKM), Yayat Sudrajat tak menampik pembekuan ini berimbas pada aktivitas KEMA-PKM yang kurang efektif.  Ia mengatakan optimalisasi media sosial merupakan solusi bagi KEMA-PKM agar dapat tetap aktif di tengah pandemi.

“Ya dengan adanya pandemi ini, maka kegiatan KEMA tidak terlalu aktif. Kita maksimalkan di media sosial untuk keaktifan KEMA. Dengan optimalisasi media sosial, lembaga tetap bisa berkontribusi juga dengan memberi informasi mengenai COVID-19,” jelasnya, Minggu (19/04).

Masifnya penyebaran COVID-19 membuat segala aktivitas hanya dapat dilakukan dari rumah. Hal ini menjadi kendala bagi organisasi mahasiswa sebab tak sedikit program kerja (Proker) yang diharuskan mengadakan pertemuan tatap muka.

“Kendala terbesar saat ini pastinya adakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, belum bisa dilakukan. Kalau kendala tersebut, solusinya yah pasti kita adakan Proker yang mengumpulkan orang setelah pandemi ini,” ungkapnya.

Yayat berpesan agar lembaga Keluarga Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar (KEMA-PKM) tetap produktif meski di tengah situasi yang tidak mendukung seperti saat ini. Ia juga berharap hubungan antar lembaga KEMA-PKM tetap terbina dengan baik.

“Semangat, kuat, dan produktif untuk Kema walaupun dalam keadaan ini. Semoga silaturahmi tetap berjalan dan semoga pandemi ini bisa berakhir,” harapnya.

*Reporter : Kru-M46