Ibadah dari Rumah, LDK Gamais Adakan Kajian Online

oleh -
Potret ibadah seorang diri (Foto : Liputan6.com)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Meningkatnya kasus Corona di Indonesia membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 tentang pelaksanaan ibadah dari rumah demi mencegah penyebaran COVID-19.

Lembaga Dakwah Kampus Keluarga Mahasiswa Islam Poltekkes Kemenkes Makassar (LDK Gamais PKM) yang sebelumnya rutin mengadakan Kajian Rutin (Kantin) tatap muka di masing-masing Jurusan Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas), kini beralih mengadakan Kantin secara online.

Formatur Terpilih Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) LDK Gamais PKM, Muhammad Taufiqurrahman Sumantri mengatakan, pengalihan mekanisme Kantin menjadi daring dimaksudkan agar mahasiswa tetap bisa mengikuti kajian tanpa keluar rumah.

“Kami berniat mensyiarkan kebaikan. Para mahasiswa pun bisa mendengarkan kajian walaupun sekadar di rumah saja, tanpa harus keluar rumah. Insya Allah menjadi ladang pahalanya kami,” terangnya, Kamis (16/04).

Kantin online tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Polkesmas, LDK Gamais juga membuka kesempatan bagi mahasiswa kampus lain serta siswa SMA/Sederajat untuk dapat bergabung dalam kajian rutin ini.

“Kajian online ini selain mahasiswa Poltekkes, ada juga mahasiswa di luar Poltekkes juga yang ikut serta dan bukan hanya mahasiswa saja, tetapi kajian online ini juga yang ikut serta juga anak-anak remaja yang SMA/Sederajat,” tuturnya.

Disisi lain, mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus dan siswa SMA/Sederajat yang tergabung dalam Kantin online menyambut baik program kerja yang diadakan UKM LDK Gamais tersebut.

Seperti yang dirasakan salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesejahteraan Sosial (STIKS) Tamalanrea Makassar, Arni Damayanti. Ia berharap kajian online akan tetap rutin diadakan dengan tema yang lebih menarik.

“Semoga kajian online ini tetap berlanjut dan mengangkat tema kajian yang mungkin saja bisa membuat orang-orang penasaran ataupun takjub akan tema yang diangkat tersebut,” ujarnya.

*Reporter : Kru-M52