Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat, Kenali Indikator dan Manfaatnya

oleh -

MAKASSAR, INTELLIGENT — Merebaknya berbagai kasus kejadian penyakit berbasis lingkungan di masyarakat, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Diare yang meningkat terlebih dimusim pancaroba, membuat tidak sedikit masyarakat merasa perlu untuk melakukan suatu tindakan sebagai langkah untuk melakukan perubahan pola hidup agar dapat lebih sehat.

Langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan, lantas PHBS itu sendiri sebenarnya apa sih?

Nah, PHBS ini merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bahkan bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan bergizi, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Ada juga tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, dan memberantas jentik nyamuk.

Ternyata PHBS ini memiliki beberapa indikator yang perlu untuk dikenali dan diterapkan, juga akan memberikan manfaat bagi peningkatan mutu kesehatan, diantaranya :

1. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dengan membiasakan diri dengan mencuci tangan maka akan memberikan manfaat yaitu dapat menghindarkan diri dari penyakit berbasis lingkungan, seperti kolera, diare, tifus, kecacican dan lain-lain.

2. Menggunakan toilet untuk buang air besar maupun kecil dan menjaga kebersihannya.

3. Mengonsumsi makanan sehat dan bersih, termasuk sayur dan buah-buahan, dengan mengonsumsi makanan sehat dan bersih akan memberikan manfaat, salah satunya dapat mendukung tumbuh kembang pada anak.

4. Menjaga kebersihan diri dengan cara mandi, memotong kuku yang panjang, dan menyikat gigi 2 kali sehari. Nah, dengan menjaga kebersihan diri tentunya akan memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya produktivitas dalam berkegiatan akan meningkat.

5. Membuang sampah pada tempatnya, manfaat yang diperoleh dari phbs yang satu ini akan membuat lingkungan sekitar tidak tercemar dan tentunya akan membuat lingkungan lebih lestari.

Nah, itulah beberapa indikator dan manfaat yang diperoleh bila kita menerapkan PHBS. Perlu diketahui juga bahwa dengan menerapkan PHBS ini tentunya akan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan dan juga lingkungan. Oleh karena itu, yuk terapkan PHBS agar hidup lebih sehat, lebih bersih, dan terhindar dari penyakit.

*Reporter: Kru 09