Teknik Pijat Wajah Bagi Pemilik Kulit Sensitif

oleh -
Foto wajah wanita (Foto: watson.co.id)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Kulit wajah sehat merupakan impian setiap orang, tetapi untuk memilikinya membutuhkan perawatan yang telaten. Apalagi jika kamu memiliki jenis kulit sensitif  yang memerlukan perawatan khusus.

Tapi tak perlu khawatir, meski di kondisi saat ini yang mengharuskan segala aktivitas dilakukan di rumah saja,  kamu tetap bisa merawat kulit wajahmu. Perawatan tersebut bisa dilakukan dengan facial massage atau pijat wajah.

Sebelum mengaplikasikan teknik pijat pada kulit sensitif, Dosen Mata Kuliah Massage Fisioterapi, Tiar Erawan, S.Ft.Physio.M.Kes mengatakan, ada beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan, yakni cleansing cream, antiseptic lotion, massage cream, dan handuk.

“Pertama, posisi comfortable. Kedua, tutup kepala dengan handuk. Kemudian, bersihkan tangan dengan antiseptic lotion dan bersihkan wajah menggunakan cleansing cream. Terakhir, angkat cleansing cream menggunakan massage cream,” terangnya.

Setelah itu, kamu bisa memijat wajah dengan menggunakan beberapa teknik pijat wajah. Tiar Erawan membeberkan ada empat teknik yang dapat kamu terapkan, diantaranya efflurage dan stroking, petrisage, tapotement, serta gerakan vibrasi.

Efflurage dan Stroking

Teknik ini dilakukan dengan menggunakan kelima jari hingga telapak tangan, kemudian diterapkan di bagian samping wajah dalam bentuk gerakan meluncur yang diberikan tekanan ringan dari arah bawah hingga ke atas wajah.

Petrisage

Setelah menerapkan efflurage yang berfungsi menyiapkan kulit wajah untuk dipijat, selanjutnya kamu dapat melakukan teknik petrisage. Teknik ini dilaksanakan dengan memberikan gerakan berupa memijat atau menekan.

Tapotement

Pemberian gerakan memukul atau menepuk-nepuk merupakan teknik pelaksanaan tapotement. Teknik ini bertujuan untuk memberikan rangsangan pada saraf-saraf yang berada di kulit wajah.

Gerakan Vibrasi / Menggetar

Memberikan getaran pada kulit wajah dapat merangsang kontraksi otot-otot wajah sehingga otot-otot wajah juga akan mengalami relaksasi. Pengadaan vibrasi atau getaran dilakukan hanya dengan menggerakkan bagian lengan bawah saja.

Facial massage atau pijat wajah yang dilakukan secara rutin dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit wajah yang sensitif. Manfaat yang dapat dirasakan berupa rasa nyaman, stress berkurang, serta terjadi peningkatan regenerasi sel pada kulit wajah.

*Reporter: Kru-M46