Bayar UKT Bisa Dicicil, Direktur Polkesmas: Tunggu Surat Edaran

oleh -
Agustian Ipa terpilih sebagai Direktur Polkesmas pada Rabu (30/05/18)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) bakal memberikan keringanan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) berupa cicilan UKT bagi mahasiswa Polkesmas yang terdampak COVID-19.

Hal tersebut merupakan inisiatif Direktur Polkesmas yang disampaikan oleh Kasubbag Kemahasiswaan Polkesmas dalam kegiatan tanya jawab yang diadakan LPM Intelligent secara daring melalui aplikasi Zoom pada Selasa (07/07).

Direktur Polkesmas, Dr. Ir. H. Agustian Ipa, M.Kes mengatakan bahwa pihak Polkesmas juga masih menunggu hasil pembahasan keringanan berupa cicilan UKT dari pihak pusat yang akan diputuskan melalui surat edaran.

“Saat ini masih sementara dibahas di pusat, bagi yang terdampak COVID-19 bisa membayar UKT dengan cara diangsur. Tapi tunggu saja keputusan resmi dalam bentuk surat edaran,” ujarnya, Rabu (08/07).

Sebelumya, dalam kegiatan tersebut Kasubbag Kemahasiswaan, Manjilala, S.Gz., M.Gizi juga telah mengungkapkan sasaran dan rancangan pelaksanaan keringanan UKT berupa pembayaran yang dapat dicicil oleh mahasiswa Polkesmas.

Ia mengatakan bahwa keringanan cicilan UKT tidak berlaku bagi mahasiswa baru Tahun Ajaran 2020/2021, tetapi hanya diberikan kepada mahasiswa Polkesmas yang sebelumnya telah aktif mengikuti kegiatan perkuliahan.

“Kalau misalnya nanti masuk pembayaran UKT pada bulan Agustus ada mahasiswa aktif yang kurang mampu membayar full uang UKTnya mereka bisa membayar separuh di awal lalu di tengah semester melunasi uang UKTnya,” kata Manjilala dalam tanya jawab tersebut.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya telah mengeluarkan Permendikbud tentang keringanan pembayaran UKT bagi mahasiswa PTN/PTS. Namun, hingga saat ini belum ada kebijakan keringanan UKT bagi mahasiswa Poltekkes yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

*Reporter: Kru-M11