Jelang Idulfitri, Ketahui Tips Cegah Kadar Kolesterol Meningkat

oleh -
Ilustrasi hidangan lebaran (Foto : idntimes.com)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Lebaran Idulfitri merupakan hari raya umat Islam yang dirayakan setelah melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Selepas menggelar lebaran, biasanya umat Islam akan mengunjungi kerabat atau sanak saudara dalam rangka halalbihalal.

Selain sebagai ajang maaf-memaafkan dan menjalin silaturahmi, saat halalbihalal, umat Islam juga akan menyediakan ragam jenis makanan yang dimasak dengan berbagai macam teknik olahan.

Namun, sebagian besar hidangan lebaran mengandung lemak yang dapat meningkatkan kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. Agar tetap dapat menikmati hidangan saat lebaran, berikut tips cegah kadar kolesterol meningkat.

Memilih Satu Jenis Makanan

Hidangan lebaran bisa tetap dinikmati dengan memilih satu jenis makanan yang mengandung lemak dalam satu hari. Sebaiknya hindari mengonsumsi berbagai macam olahan dengan kadar lemak tinggi dalam sehari, sebab hal tersebut dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam darah.

Minum Susu Terlebih Dahulu

Berdasarkan riset Nutrition Journal pada tahun 2011, minum susu 30 menit sebelum hidangan utama, membuat kenyang lebih lama. Hal itu dikarenakan, 20 gram kasein yang terkandung dalam susu akan lambat diserap oleh tubuh, sebab ia menutrisi tubuh dengan asam amino yang mencegah katabolisme.

Menggunakan Piring Berukuran Kecil

Makan dengan menggunakan piring yang berukuran kecil akan membuat piring yang digunakan terasa penuh dengan makanan. Sehingga, pikiran bawah sadar akan terdorong untuk tidak menambah porsi makan sebab telah menghabiskan satu porsi makanan.

Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan sumber serat yang dapat membuat tubuh kenyang dalam waktu yang lama. Maka, makan sayur dan buah sebagai selingan hidangan lebaran dapat membantu agar terhindar dari mengonsumsi hidangan lebaran secara berlebihan, sehingga kolesterol tidak meningkat.

Berolahraga

Lemak dan kalori yang diperoleh setelah menyantap hidangan lebaran dapat dibakar dengan berolahraga. Beraktivitas fisik juga disarankan sebab membuat kita terhindar dari penyakit jantung.

*Reporter : Kru-03