Atlet SulSel Jalani Tes Kesehatan Pra-PON di Poltekkes Kemenkes Makassar

oleh -254 views
Pemeriksaan: Sejumlah atlet yang dilakukan tes kesehatan dan kebugaran, Klinik Mabulo Sibatang, Jurusan Fisioterapi, (26/04).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Para atlet panjat tebing asal Sulawesi Selatan menjalani tes kesehatan dan kebugaran jasmani di Klinik Fisioterapi Mabulo Sibatang Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) sebelum maju dalam Pekan Olahraga Nasional XX 2019.

Tes ini ditujukan agar mempertahankan kesehatan para atlet juga dapat menemukan dan mengobati lebih awal apabila ditemukan masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktifitas atlet sehingga dapat meningkatkan kesiapan para atlet.

Ketua Federasi Panjat Tebing Sulsel, Imam Subekti mengatakan, para atlet panjat tebing berhubungan erat dengan anatomi tubuh yang sehat. Karenanya, para atlet sangat memerlukan tes kesehatan seperti ini agar kedepannya tidak terkendala dalam mengikuti program dan latihan yang diberikan.

“Jangan sampai kita mengadakan latihan tapi anatomi tubuh yang tidak mendukung,” ujarnya saat ditemui seusai tes kesehatan, Jumat, (26/04).

Selain persiapan kesehatan dan kebugaran, hal hal lain yang perlu diperhatikan para atlet sebelum pertandingan nanti adalah kematangan strategi dengan banyak melakukan latihan dan optimisme yang kuat.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu atlet panjat tebing, Gilang. Ia mentakan untuk kebugaran dan kesehatan tergantung dari persiapan yang dilakukan nantinya. Ia berharap agar semua persiapan yang dilakukan berjalan lancar dan tidak ada hambatan lain kedepannya.

“Untuk kebugaran tergantung perisiapannya ji nanti bagaimana kedepannya,” ujarnya.

 

Reporter: *Kru-Aly-Wnd