Ayo Kenali Penyakit Malaria!

oleh -
Nyamuk penyebab penyakit malaria.

Tahukah kalian apa itu penyakit malaria? Malaria tentunya sudah tak asing lagi di negara kita. Penyakit ini sering muncul di negara beriklim tropis maupun subtropis. Penyakit yang sangat berbahaya ini nyatanya masih kurang diperhatikan oleh sebagian masyarakat.

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut.

Kemudian, saat telah masuk ke dalam tubuh, parasit Plasmodium akan berkembang biak di organ hati kemudian menginfeksi sel darah merah, yang sangat diperlukan dalam tubuh.

Setelah terinfeksi oleh nyamuk pembawa Plasmodium, kurang lebih dalam dua minggu, akan muncul gejala gejala awal seperti demam, muntah, menggigil, sakit kepala dan berkeringat.

Jika malaria tidak segera ditangani sejak awal, penyakit ini bisa menimbulkan beberapa komplikasi seperti dehidrasi, anemia parah, gagalnya fungsi organ tubuh, hingga kematian.

Melihat bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit ini, sangat perlu kita ketahui hal hal apa saja yang dapat mencegah penyakit mematikan ini. Rutin memeriksakan darah salah satunya.

Selain itu, menggunakan kelambu atau menggunakan lotion anti nyamuk saat tidur dan menyingkirkan genangan air di sekitar rumah dapat mencegah kita terjangkit penyakit malaria.

Namun, bila telah terlanjur terjangkit malaria, segeralah berobat ke pelayanan kesehatan terdekat. Penyakit malaria bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang tepat. Berbagai obat antimalaria diberikan untuk mengobati dan mencegah penularan pada orang lain.

 

Bahan diambil dari berbagai sumber.

 

*Reporter :Kru-03