Tuan Rumah Olimnas Kesling 2019, Ini Yang Disiapkan PKM

oleh -
Sepak Takraw : Salah Satu Cabang Olahraga Yang Dipertandingkan Pada Olimpiade Nasional Kesehatan Lingkungan, Poltekkes Kemenkes Makassar, Sabtu (24/08).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) tahun ini dipercayakan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Olimpiade Nasional Kesehatan Lingkungan 2019.

Tahun ini merupakan kali kedua dilaksanakannya Olimnas Kesling, dimana sebelumnya telah diadakan diadakan pada 2017 lalu di Semarang, Kesehatan Lingkungan Purwokerto. 

Ketua Panitia Olimnas, Akbar membenarkan hal tersebut. Olimnas Kesling diadakan setiap 2 tahun sekali, dan kali ini merupakan kali kedua Olimnas Kesling terlaksana, setelah sebelumnya dilaksanakan di Semarang.

“Sebenarnya Olimnas itu baru yang kedua kali, dan pertama kalinya di Semarang kemarin, serta Olimnas itu diadakan sekali dalam dua tahun,” ungkapnya saat diwawancarai, Sabtu (24/08).

Akbar juga menambahkan, bahwa terdapat beberapa prosedur dalam menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Kegiatan Olimnas. 

“Jika ingin menjadi tuan rumah dikenal dengan Open Tender. Kita di sini melakukan presentasi proposal, dan jelaskan mengenai bagaimana persiapannya kita, bagaimana fasilitasnya kalau kita menjadi tuan rumah,” tambahnya.

Menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya, tentu saja PKM melalui proses persiapan yang panjang. Mulai dari pegajuan proposal saat Muskernas di Yogyakarta, persiapan anggaran, menentukan akomodasi peserta, penginapan, dan lain-lain.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua HMJ Kesehatan Lingkungan, Muhammad Ihsan. Ia mengaku memerlukan persiapan yang lama selaku tuan rumah dan sebagai fasilitator berlangsungnya kegiatan.

“Jadi program kerja ini, sebenarnya adalah program kerja dari IMKLI, tapi kita bekerja sama dengan Himpunan Mahasiwa Kesehatan Lingkungan karena selaku tuan rumah di Makassar dan sebagai fasilitator,” jelasnya.

*Reporter: Kru-M30