Transformasi Layanan Primer, Polkesmas Gelar PKL IPE-IPC

oleh -
Kegiatan Pembekalan Program Magang Praktek Kerja Lapangan (PKL) IPE-IPC Poltekkes Kemenkes Makassar yang di laksanakan di Auditorium Tidung Polkesmas, Kamis (22/09).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) adakan Pembekalan Program Magang Praktek Kerja Lapangan (PKL) Inter Profesional Education (IPE)-Inter Profesional Collaboration (IPC) yang di laksanakan di Auditorium Tidung Polkesmas, Kamis (22/09).

Kegiatan PKL ini akan dilaksanakan pada tanggal 06 Oktober sampai 05 November 2022 di Kabupaten Bone, dan mengikutkan peserta PKL sebanyak 1083 dari 8 jurusan. Dengan mengusung tema “Penguatan PKL Pada Transformasi Layanan Primer  Pencegahan Stunting dan PTM di Kabupaten Bone”

Ketua Panitia PKL Terpadu Polkesmas 2022, Dr. Siti Nurul Fajriah, S.Pd, S.Ft.Physio, M.Kes mengungkapkan bahwa adanya pengambilan tema ini dikarenakan kebijakan dari Kementerian Kesehatan yang melakukan transformasi sistem kesehatan.

“Jadi pengambilan tema ini sebetulnya terkait dengan kebijakan dari Kementerian Kesehatan yang sedang melaksanakan transformasi sistem kesehatan, nah salah satunya adalah layanan primer”, ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa target pencapaian PKL tahun ini adalah dengan melakukan pendekatan keluarga dimana setiap desa yang diidentifikasi masalah kesehatannya akan di intervensi secara kolaborasi.

“Ya targetnya kami karena pendekatan keluarga dimana setiap desa akan diidentifikasi masalah kesehatannya dan di intervensi secara kolaborasi artinya itu prinsip utama”, tambahnya pada kru Intelligent.

Ia juga mengharapkan semoga kedepannya kita lebih banyak berperan kepada masyarakat dimana sekarang kita berfokus kearah Stunting dan PTM.

“Harapan kedepannya kita lebih banyak lagi berperan kepada masyarakat dimana kalau sekarangkan kita kan kearah stunting dan PTM”, harapnya.

Salah satu peserta PKL, Dewi Utami Tutyani Kristian Mardi mengungkapkan harapannya semoga PKL ini bukan hanya di sekitar Makassar atau Sulawesi Selatan, tetapi PKL terpadu ini akan terbang lebih luas lagi baik keluar daerah.

“Harapan saya semoga kedepannya bukan hanya sekitaran wilayah Makassar saja ataupun Sulawesi Selatan tapi PKL terpadu ini akan terbang lebih luas lagi baik keluar daerah, baik luar Sulawesi maupun sampai ke Pulau Jawa” tutupnya.

*Reporter: Kru 04