Tips Menjaga Kesehatan Selama Puasa

oleh -
Ilustrasi Menjaga Kesehatan Selama Puasa

MAKASSAR, INTELLIGENT — Selama menjalankan puasa dibulan Ramadhan, menjaga kesehatan juga sangat penting, dikarenakan asupan tubuh makan dan minum yang berkurang dan ini bisa saja mempengaruhi asupan gizi dan nutrisi tubuh sehingga energi berkurang pada saat melakukan aktivitas. Oleh karena itu, penting menerapkan pola hidup yang sehat agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

Selain harus menahan lapar dan haus selama 14 jam, kita juga perlu memperhatikan tubuh tetap sehat agar terhindar dari yang namanya penyakit. Jika tubuh dalam keadaan sehat dan bugar, maka kita juga dapat dengan mudah menjalankan aktivitas sehari-hari dan ibadah puasa pun tidak akan terganggu.

Jadi, bagaimana menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa dibulan ramadhan, simak beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan agar tubuh tetap sehat saat berpuasa.

• Jangan melewatkan waktu sahur

Pada saat berpuasa hal sederhana yang bisa dilakukan adalah jangan lewatkan waktu sahur sama seperti sarapan pagi. Sahur itu sangat penting untuk memberikan energi sepanjang hari. Energi yang didapat pada saat sahur juga dapat membantu tubuh tidak mudah lelah ketika beraktivitas.

• Mengomsumsi makanan yang bergizi

Selain cairan tubuh, mengomsumsi makanan bergizi yang seimbang juga penting selama berpuasa seperti yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat ketika sahur ataupun pada saat berbuka puasa. Usahakan hindari makanan yang mengandung lemak dan minyak yang tinggi.

• Tetap melakukan aktivitas selama berpuasa

Puasa tidak menjadi halangan untuk tetap melakukan aktivitas fisik. Tubuh harus bergerak untuk menjaga metabolisme tubuh. Tetaplah melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki rutin setiap hari atau berolahraga sesuai kemampuan.

• Menjaga pola tidur

Meski sedang berpuasa, pola tidur harus tetap diperhatikan. Usahakan untuk hindari begadang karena tubuh cenderung mengalami kekurangan tidur pada saat puasa dan pastikan selama berpuasa tetap memenuhi kebutuhan jam tidur 6-8 jam saat malam hari.

• Lengkapi nutrisi dengan mengomsumsi suplemen tambahan

Agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan sehat selama puasa, kita juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh yaitu dengan mengomsumsi multivitamin kesehatan yang disesuaikan kondisi kebutuhan tubuh.

Nah, itulah beberapa tips atau cara menjaga kesehatan bulan ramadhan agar tubuh tetap fit dan sehat selama menjalankan puasa.

*Reporter: Kru-36