Tips Mengonsumsi Olahan Daging

oleh -
Ilustrasi Resep Olahan Daging Untuk Hari Raya (Foto : Seiouseats)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Hari Raya Idul Adha, tak lengkap rasanya jika tak ditemani dengan berbagai olahan daging. Namun, bagaimana kah cara mengolah daging yang sehat dan benar?

Mengolah daging tentunya membutuhkan keterampiln khusus. Mulai dari menghilangkan bau, membuat olahan daging menjadi empuk, dan memasak daging tanpa menghilangkan nilai gizinya.

Berikut ini beberapa tips aman mengonsumsi olahan daging secara sehat dan benar.

Menjaga Kebersihan Olahan Daging

Saat olahan daging dipotong, usahakan menjaga kebersihan daging sehingga daging tidak perlu dicuci berulang kali. Karena mencuci daging terlalu sering dapat menyebabkan air dari dalam serat daging keluar bersama air cucian daging, menyebabkan daging berbau.

Merebus Daging Berulang

Olahan daging sebaiknya direbus seperti biasa terlebih dahlu. Setelah itu, air rebusan pertama dibuang, kemudian daging yang sudah direbus tersebut direbus lagi dengan air baru. Hal ini membantu agar olahan daging jauh lebih empuk, dan aroma tak sedap daging berkurang. Selain itu, memasak daging dengan lama juga dapat mematikan bakteri yang ikut pada daging.

Gunakan Rempah-Rempah Dalam Batas Normal

Rempah-rempah selalu menjadi kunci utama sedapnya santapan daging. Tidak ada rempah-rempah khusus yang tidak diperbolehkan dalam mengolah daging, selama dalam batas normal. Diolahnya pun tidak dengan bumbu-bumbu dengan lemak berlebih, contohnya menambahkan santan yang berlebihan.

Modifikasi dengan Sayur Dan Buah

Selain mengandung antioksidan sebagai pencegah kanker, buah dan sayuran punya kandungan lain yang tak kalah penting, yaitu serat. Salah satu manfaat serat lainnya adalah menahan penyerapan kolesterol yang terkandung dalam daging kambing dan daging sapi.