Subsidi Kuota Internet Terkabul, 15 GB Dinilai Kurang Efektif

oleh -
Pamflet pengumuman subsidi kuota internet Polkesmas (Foto : Instagram-@poltekkeskemenkesmakassar)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Tuntutan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) terkait pengadaan subsidi kuota internet telah dikabulkan pihak Direktorat. Polkesmas memberikan subsidi kuota sebesar 15 Gigabyte (GB) bagi mahasiswa pengguna kartu telkomsel.

Namun, kuota internet yang disediakan oleh pihak Polkesmas dinilai kurang efektif memenuhi kebutuhan internet mahasiswa untuk pembelajaran daring yang diberlakukan selama pandemi COVID-19.

Seperti yang diungkapkan salah satu mahasiswa Jurusan Keperawatan Gigi, Sri Ulil Mutmainnah. Ia berterima kasih dan bersyukur terhadap pengadaan kuota internet, tetapi dia merasa 15 GB tidak mampu mencukupi kebutuhan kuliah daring mahasiswa selama satu bulan.

“Menurut saya kuota yang dibagikan 15 GB itu tidak cukup sebulan, apalagi dosen biasanya meminta kuliah online pakai aplikasi Zoom dan aplikasi ini sangat menguras banyak kuota,” ujarnya ketika diwawancarai oleh Kru Intelligent, Kamis (30/04).

Hal serupa dirasakan salah satu mahasiswa Jurusan Keperawatan, Eka Bima. Jumlah kuota internet yang disubsidi pihak Polkesmas tidak sesuai harapannya. Ia menilai pembelajaran daring membutuhkan lebih banyak kuota jika dibandingkan dengan 15 GB.

“Pembagian kuota ini belum sesuai dengan harapan saya, karena dalam proses belajar mengajar kita biasanya menggunakan banyak kuota apalagi pada saat mengerjakan tugas yang membutuhkan banyak referensi, entah itu melalui Google ataupun Youtube,” terangnya.

Disisi lain, pengadaan subsidi kuota internet tidak merata dirasakan oleh seluruh mahasiswa Polkesmas. Kuota internet hanya diberikan kepada mahasiswa yang memakai kartu telkomsel, sehingga mahasiswa pengguna operator lain tidak mendapatkan kuota 15 GB.

Salah satu mahasiswa Jurusan Keperawatan, Dina Esaputri Bakti menjadi salah satu mahasiswa yang tidak mendapatkan kuota internet akibat menggunakan kartu operator lain. Ia merasa kecewa pembagian kuota internet hanya ditujukan kepada pemilik kartu telkomsel.

“Apa gunanya pembagian kuota hanya bertuju pada satu kartu internet yang tidak semua mahasiswa memiliki kartu tersebut. Saya harapkan disini sebaiknya pembagian kuota diberikan kepada semua mahasiswa tanpa terkecuali,” tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, total kuota internet sejumlah 15 GB yang terbagi atas 12 GB kuota all net dan 3 GB kuota CloudX belum sepenuhnya diterima oleh seluruh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar.

*Reporter : Kru-M11