Jaga Produktivitas Saat Ramadan, Simak Ragam Makanan Penguat Stamina

oleh -
Potret keluarga muslim menyantap hidangan makanan (Foto : Tribunnews.com)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Ramadan merupakan salah satu bulan dalam kalender Hijriah yang tiap tahunnya dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan ramadan menjadi bulan istimewa sebab pahala beribadah di bulan ini dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Selain itu, di bulan Ramadan umat Islam juga diwajibkan berpuasa. Lantas, bagaimana cara untuk tetap produktif beribadah selama berpuasa? Yuk kita simak makanan apa saja yang dapat meningkatkan stamina tubuh di bulan Ramadan.

  • Madu

Madu merupakan salah satu makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dikarenakan, madu kaya akan antioksidan, flavonoid dan polifenol. Madu murni memiliki beragam nutrisi, seperti gula, karbohidrat, vitamin C, vitamin B, asam amino, zat besi, zinc dan kalium.

Selain itu, kandungan pada madu juga mampu meningkatkan sel darah merah dan hemoglobin yang membuat tubuh tidak mudah lelah, sehingga dapat tetap produktif dalam beribadah.

  • Kurma

Kurma adalah buah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk rutin dikonsumsi. Kandungan serat yang terkandung dalam buah kurma bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Tak hanya itu, kurma juga mengandung zat potasium yang diperlukan tubuh untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

  • Susu

Mengonsumsi susu murni maupun yang telah diolah mampu mengembalikan stamina tubuh orang yang berpuasa, terutama susu sapi. Susu sapi mengandung protein dan lemak yang tinggi yang membantu meningkatkan energi dan stamina tubuh.

  • Daging

Daging juga merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan stamina tubuh, karena kandungan energi dalam daging cukup tinggi. Hal ini dikarenakan bagian dada pada daging hewan mengandung banyak protein yang diperlukan tubuh untuk mengatur sumber energi.

  • Pisang

Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, kaya vitamin dan mineral, sehingga cocok untuk dikonsumsi guna menguatkan stamina di kala berpuasa. Pisang juga mengandung pati yang berguna bagi sistem pencernaan dan aktivitas gula darah.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan stamina tubuh. Meskipun sedang berpuasa, kamu bisa tetap produktif beraktivitas sebagaimana biasanya. Sehingga kesehatan kamu terjaga serta bersemangat dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan.

*Reporter : Kru-M50