Subsidi Kuota CloudX Mandek, Mekanisme Distribusi Jadi Persoalan

oleh -
Paket internet CloudX Telkomsel (Foto : Kompas.com)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) telah menyediakan kuota internet Telkomsel bagi mahasiswa Polkesmas sebesar 15 Gigabyte (GB) yang terbagi atas 12 GB kuota all net dan 3 GB kuota CloudX.

Setelah Polkesmas menginformasikan pengadaan subsidi kuota internet di akun instagramnya pada Kamis (30/04), sejumlah mahasiswa telah menerima kuota all net sebesar 12 GB. Namun, hingga Sabtu (02/05) belum ada  tanda-tanda pendistribusian 3 GB kuota CloudX bagi mahasiswa.

Kepala Unit Teknologi Informasi, Perie Bagoes Handoko, S. Kom, M. T mengungkapkan, pendistribusian kuota 3 GB CloudX belum dapat dilakukan akibat mekanisme pendistribusian yang belum diketahui oleh pihak Polkesmas.

“Untuk CloudX saya juga belum jelas bagaimana pembagian kuotanya, masih ditanyakan ke Telkomsel,” ujarnya ketika dimintai keterangan oleh Kru Intelligent, Kamis (30/04).

Kuota internet CloudX ditujukan bagi mahasiswa agar dapat menggunakan aplikasi CloudX Telkomsel sebagai media pembelajaran daring dalam bentuk video conference. Penggunaan CloudX akan diserahkan kepada kebijakan Jurusan di Polkesmas.

“Penggunaannya diserahkan ke Jurusan masing-masing. Direktorat sebatas menyediakan fasilitasnya saja,” tulis Perie Handoko via Whatsapp.

Sementara itu, distribusi subsidi kuota 12 GB all net juga mengalami kendala akibat sumber data mahasiswa yang salah input. Kelebihan angka pada nomor telepon mahasiswa pengguna Telkomsel menjadi salah satu hambatan.

“Ada juga yang input nomor Telkomsel, tetapi kelebihan digitnya, juga tidak terkirim kuotanya. Datanya masih direkap oleh Kemahasiswaan, nanti akan dicoba menghubungi mahasiswa tersebut jika memungkinkan,” terangnya.

*Reporter : Kru-M52