Sehat Tubuhku Sehat Indonesiaku

oleh -
Ilustrasi Indonesia Sehat (Foto: Kastara.id)

Mahasiswa merupakan jenjang pendidikan tertinggi dari berbagai jenjang pendidikan dan tentunya memiliki  pola fikir yang baik pula. Apalagi kita sebagai mahasiswa yang nantinya akan terjun di dunia kesehatan. Sebelum mengobati klien/pasien ,kita sebagai tenaga kesehatan harus memiliki kesehatan yang prima dan akademik yang tinggi. Hal tersebut dimulai dengan menjaga gaya hidup yang sehat.

Gaya hidup sehat ini adalah upaya yang kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya berbagi penyakit. Gaya hidup sehat ini dapat kita mulai dengan menjaga pola makan sehari-hari. Namun saat ini masih banyak mahasiswa memilliki pola makan yang tidak teratur, hal ini dikarenakan  padatnya  berbagai kegiatan dan kesibukan kuliah sehingga lupa akan kesehatan diri sendiri. Selanjutnya kita harus rajin berolahraga. Namun pada kenyataannya lagi lagi mahasiwa kurang kesadaran akan pentingnya olahraga bagi kesehatan.

Dan hal ini saya alami sendiri setelah kuliah dilanjut dengan kegiatan kampus, kemudian mengerjakan tugas dan membuat saya lelah setelah beraktivitas seharian sehingga tidak ada waktu luang yang bisa saya lakukan untuk berolahraga. Sebagai mahasiswa yang tidak memilki waktu luang, olahraga tidak hanya bisa dilakukan diwaktu luang tetapi dari hal hal sederhana, seperti naik turun tangga ini merupakan salah satu bentuk olahraga yang sederhana, yang bisa membangkitkan daya tahan tubuh.

Dan gaya hidup ketiga adalah kita harus kritis dalam memlih makanan yang sehat. Namun mahasiswa lebih dominan menyukai makanan yang instan tanpa memikirkan apakah makanan itu sehat bagi tubuhnya  atau tidak. Padahal tubuh kita ini membutuhkan asupan gizi yang banyak.  Makanan yang kebersihan dan gizinya terjamin itu adalah masakan sendiri. Dan pola hidup ini sudah saya terapkan sendiri dengan memasak dan membuat bekal sendiri untuk dibawa ke kampus.  Selain kebersihannya terjamin juga dapat menghemat kantong mahasiswa.

Dari ketiga hal tersebut memang terlihat hal yang sederhana. Namun justru banyak orang yang menyepelekan hal sederhana itu, padahal penyakit itu timbul dari hal hal kecil. Biaya sehat itu mahal dengan mengatur gaya hidup yang memenuhi standar kesehatan. Namun saat sakit jauh lebih mahal, karena untuk menjadi sembuh itu butuh banyak biaya. Sehat tubuhku sehat indonesiaku. Selamat hari kesehatan nasional yang ke-55. Terus jaga kesehatan diri dan kebersihan sekitar kita ya.

 

Karya: Lela Sapitri