Satukan 3 Perpustakaan, PKM Garap Unit Perpustakaan Terpadu

oleh -
Perpustakaan Terpadu: Pintu depan Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Makassar, gabungan dari 3 Jurusan yang ada di Kampus Tidung PKM, Tidung, Senin, (16/12).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) menggarap perpustakaan terpadu yang merupakan gabungan dari 3 perpustakaan di kampus tidung.

Penggarapan Perpustakaan Terpadu di dasari oleh kebutuhan dan tuntutan dari adanya struktur baru Politeknik Kesehatan seluruh Indonesia  berdasarkan PMK RI NO. 38 Tahun 2018 yang telah dimulai pada bulan Maret 2019. Dimana Poltekkes Kemenkes Makassar yang masuk dalam klasifikasi  kelas 1 sehingga mengharuskan di buatnya perpustakaan terpadu sesuai sistem yang berlaku.

Menurut Ketua Unit Perpustakaan Terpadu, Andi Ruhban, S.ST.,M.Kes mengatakan bahwa Perpustakaan Terpadu ini merupakan gabungan dari 3 perpustakaan yaitu perpustakaan Jurusan Kebidanan, Keperawatan Gigi, dan Keperawatan dimana pusat dari perpustakaan ini dipusatkan di Jurusan Keperawatan karena tempatnya lebih representatif dilihat dari segi kelayakan serta lokasi.

“Yang jelas yang pertama itu layanan terpadu dari Keperawan Gigi dan bidan mau kesini langsung sudah bisa dilayani itu yang tak boleh berhenti.” ujarnya saat ditemui di Perpustakaan terpadu PKM.

Adanya Perpustakaan Terpadu ini membuat berbagai pedapat dari mahasiswa di Kampus Tidung, ada yang berpendapat penggabungan kurang efektif dilihat dari tempat serta fasilitas penunjang di Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Makassar.

Seperti halnya yang dikatakan oleh salah satu mahasiswi Jurusan Kebidanan, Reski Amalia yang mengatakan bahwa dengan adanya Perpustakaan Terpadu membuat tempat tersebut tidak efektif, dikarenakan banyaknya jumlah mahasiswa yang digabung dalam satu perpustakaan.

“Kalau menurut saya tidak efektif karena bayangkan 3 jurusan bertemu dalam satu perpustakaan. Terlalu banyak orang dan pastinya juga akan mengganggu orang yang ada di dalam perpustakaan” ugkapnya.

Rencana penyelesaian perpustakaan terpadu PKM, diperkirakan akan rampung di akhir tahun 2019 ini.

Reporter: *Kru-37