SKKM Tak Capai Target, Mahasiswa Tak Bisa Ujian Akhir

oleh -
Ilustrasi ujian akhir mahasiswa (Foto: corbis.com)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) mulai memberlakukan aturan nilai Satuan kredit kegiatan mahasiswa (SKKM). Bagi mahasiswa yang tak mencapai standar nilai SKKM yang berlaku, maka dinyatakan tidak dapat mengikuti ujian akhir.

Aturan nilai SKKM mulai resmi diberlakukan di semester genap tahun akademik 2019/2020, dan sudah mulai diberlakukan bagi mahasiswa tingkat akhir pada tahun 2021.

Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan, Manjilala, S.Gz,M mengatakan, mahasiswa tingkat akhir harus mencapai target yang sudah ditentukan. Apabila tidak mencapai target nilai SKKM yang berlaku, maka ujian akhirnya akan ditunda.

“Ujian akhir mereka akan tertunda, dan untuk sanksi masih dibicarakan dengan ketua jurusan masing-masing,” ujarnya saat di wawancara via WhatsApp, Kamis (19/12).

Adaapun nilai SKKM yang harus dicapai untuk mahasiswa program studi D-III minimal 16 (enam belas) angka kredit sedangkan bagi mahasiswa program studi D-IV minimal 20 (dua puluh) angka kredit.

Namun, salah satu mahasiswa PKM, Nur Sahima mengaku terbebani dengan adanya aturan baru ini. Menurutnya, jumlah angka kredit yang ditargetkan terlalu banyak, sedangkan mengumpulkan angka kredit dengan mengikuti sejumlah seminar memerlukan biaya yang tidak sedikit.

“Agak membebani dari segi pembayaran untuk ikut seminar tapi untuk alternatifnya kita bisa mengikuti kegiatan direktorat yang tidak memakan biaya seperti promosi kampus,” tungkasnya.

Reporter: *Kru-29