Poltekkes Makassar Turut Andil Dalam Bantuan Korban Banjir

oleh -577 views
Tim relawan Poltekkes Makassar saat melakukan pemeriksaan kesehatan pada korban banjir.

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar mengadakan kegiatan Aksi Tanggap Darurat Banjir untuk meringankan beban pengungsi dengan menyalurkan beberapa bantuan ke tempat terjadi bencana, Rabu (23/1).

Hujan Deras disertai angin kencang melanda hampir seluruh daerah Sulawesi Selatan sejak Senin malam, sehingga banyak pemukiman warga yang mengalami banjir yang cukup tinggi sehingga mereka harus mengungsi di posko pengungsian. Karena itu Poltekkes Kemenkes Makassar turut andil dalam menyalurkan bantuan dalam kegiatan Aksi Tanggap Darurat Banjir.

Salah satu Dosen Poltekkes Kemenkes Makassar, Manjilala, S.Gz M.Gz mengatakan kegiatan ini berlangsung sejak tadi pagi. Dilaksanakan oleh Direktorat Poltekkes Kemenkes Makassar bersama IKA Poltekkes Kemenkes Makassar. Bantuan yang diberikan berupa popok bayi, biskuit bayi, susu, selimut dan obat-obatan serta dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan di pengungsian.

“Untuk sementara bantuan disalurkan ke pengungsi yang ada di Pallangga dan saat ini sementara disusun rencana untuk pengungsi di daerah Paccerakkang dan BTP. Yang membawa bantuan tersebut adalah Tim Kesehatan Poltekkes Kemenkes Makassar yang terdiri atas mahasiswa dan alumni. Tim ini juga yang berangkat ke Palu,” ujarnya

Pada hari sebelumnya, Selasa (22/1), KSR Unit 127 juga turun langsung dengan membantu PMI Kota Makssar di Kompleks Kodam 3, Paccerakkang. Menurut salah satu anggota Diklatsar 6 UKM KSR PMI Unit 127, Ahmad Dinul Islam, pada saat itu sedang menjaga posko tanggap bencana untuk melakukan pengamatan, intervensi, serta evakuasi korban dan barang bencana banjir.

“Banjir di daerah tersebut sudah setinggi leher orang dewasa di hari Selasa pagi hari. Penyebab banjir selain hujan lebat adalah sampah yang menyumbat jalannya air dan meluapnya air sungai di belakang kompleks tersebut,” imbuhnya.

 

 

Reporter : *Kru-Nbl