Polkesmas Fasilitasi Mahasiswa Google Education

oleh -
Beberapa aplikasi penunjang Google Suite for Education (Foto : edu.google.com)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) memberikan fasilitas berupa akun email dengan domain Polkesmas yang telah terdaftar pada Google for Education bagi seluruh mahasiswa Polkesmas.

Akun email dengan Google for Education akan menggunakan nama institusi kampus sebagai format nama pengguna. Email ini berguna sebagai sarana pembelajaran daring dalam menggunakan Google Classroom Polkesmas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Unit Teknologi Informasi, Perie Bagoes Handoko, S. Kom, M. T. Ia mengatakan bahwa akun email biasa yang pada umumnya digunakan tidak dapat bergabung dalam pembelajaran Classroom Polkesmas.

“Email Poltekkes bisa digunakan untuk masuk ke Classroom yang dibuat oleh dosen di kelas maya Google Classroom Poltekkes. Classroom yang dibuat di Poltekkes, hanya bisa join dengan akun yang dibuat di Poltekkes,” tuturnya.

Tidak seperti akun Gmail pada umumnya yang memiliki batas kapasitas penyimpanan, kapasitas ruang penyimpanan pada akun email Polkesmas tidak terbatas, sebab telah terdaftar dalam Google Suite for Education dan masuk dalam kategori premium.

“Email Poltekkes sudah terdaftar di Google Suite For Education. Jadi, akunnya sifatnya premium, coba lihat kapasitas Gmail biasa yang hanya 15 GB, email Poltekkes kapasitas unlimited,” ujarnya, Rabu (22/04).

Email dengan domain Polkesmas juga dimanfaatkan pihak Polkesmas sebagai sarana promosi kampus, sebab ketika digunakan oleh mahasiswa Polkesmas, format akun email yang menggandeng nama institusi kampus secara tidak langsung terpromosikan.

“Jika setiap mahasiswa menggunakan email kampus, maka tidak secara langsung membawa nama kampusnya setiap kali menggunakan email ini. Jika dalam 1 tahun Poltekkes menerima 1000 orang, dalam waktu 5 tahun, otomatis 5000 pengguna,” ungkapnya.

*Reporter : Kru-M15