Pertama Kalinya, UKM GANK PKM Gelar Pojok Konseling

oleh -
Edukasi: Pojok konseling berupa pemberian materi pada seluruh pengurus dan Kader UKM GANK PKM, Gedung Direktorat, Banta-Bantaeng.

MAKASSAR, INTELLIGENT – UKM Gerakan Anti Narkoba (GANK) Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) mengadakan Pojok Konseling untuk pertama kalinya dalam bentuk pelatihan kompetensi pengurus dan kader.

Kegiatan ini di adakan di Direktorat, Gedung Borneo dengan tujuan untuk melatih para pengurus UKM GANK PKM sehingga dapat menjalankan tugasnya sebagai satgas anti narkoba. Mereka diberikan bekal menjadi seorang konselor, belajar menscreening seseorang, belajar mengetahui zat-zat apa saja yang digunakan pecandu, serta melatih teknik komunikasi dengan pasien yang terduga pecandu.

Ketua UKM GANK PKM, Andi Fafian Orvala mengatakan bahwa pemateri dari kegiatan ini sendiri langsung dari pihak Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Sulsel dan Balai Rehabilitas Badan Narkotika Nasional (BNN) Baddoka.

“Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di kepengurusan ini selama UKM GANK PKM itu berdiri, dan kegiatan ini bukan kegiatan rutin. Tapi saya berharap realisasi dari pojok konseling ini bisa dilaksanakan secara rutin baik itu dikampus maupun dimasyarakat.”ujarnya saat diwawancarai, Sabtu (27/4),

Salah satu anggota UKM GANK PKM, St. Retno Kusuma Astuti. S mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan agar semua pengurus mengerti hal-hal apa yang harus diperhatikan dalam melakukan screening assist, dan pencatatan intervensi singkat. Selain menyediakan materi, kegiatan ini juga melakukan roleplay yang diharapkan pengurus dapat mengerti sehingga lebih mudah menjalankan tugasnya.

“Tapi kalau secara umumnya pojok konseling ini didirikan sebagai salah satu wujud komitmen BNN untuk membantu upaya rehabilitasi para penyalahgunaan zat.” tambahnya.

*Reporter :Kru-M31