Kemenkes Adakan Orientasi dan Sosialiasi STBM

oleh -360 views
Sosialisasi dan Orientasi: Pemateri saat menyampaikan materi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, Direktorat PKM, Banta-Bantaeng, (13/06).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Sebagai upaya memandirikan masyarakat agar dapat hidup dalam lingkungan yang lebih bersih dan sehat, Kementrian Kesehatan RI bekerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) mengadakan Orientasi dan Sosialisasi 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Buruknya kondisi sanitasi merupakan salah satu penyebab kematian anak di bawah 3 tahun akibat Diare. Berdasarkan hasil studi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jika setiap keluarga melakukan 5 pilar STBM akan dapat membantu menurunkan angka kejadian diare sebanyak 94%.

5 Pilar STBM yang dimaksud ialah tidak buang air sembarangan, cuci tangan menggunakan sabun, pengolahan air bersih, pengelolaan sampah dengan benar, dan pengelolaan lomba cair rumah tangga.

Ketua Panitia, Hj. Wahyuni Sahani mengatakan, dengan sosialiasi seperti ini diharapkan dapat menekan permasalahan kesehatan akibat sanitasi yang buruk. Karenanya, Kemenkes telah berencana merekrut tenaga dari alumni PKM untuk membantu menyukseskan program 5 pilar tersebut.

“Rencana Kemenkes akan merekrut tenaga alumni PKM jurusan Kesehatan untuk ke tahap ini,” ujarnya saat ditemui di Gedung Teater Bantabantaeng, Kamis (13/06).

Menghadirkan sejumlah narasumber langsung dari Kemenkes, sosialisasi dan orientasi STBM ini juga diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa PKM saat turun praktek lapangan di masyarakat nantinya.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu mahasiswa yang sempat hadir, Muhammad Aidil Fitrah. Ia sangat antusias dengan diadakannya sosialiasi STBM yang telah mendatangkan pameteri dari Dinas Kesehatan Provinsi serta Kemenkes.

“Ini bekal saya nanti jika ingin menyuluh dan memperdayakkan masyarakat pada saat PKL maupun pada saat bekerja nantinya,” ungkapnya.

Reporter: *Kru-M24