Mudik Jarak Jauh, Waspadai Nyeri Pinggang

oleh -
Ilustrasi Kemacetan Saat Musim Mudik (Foto : detik.com)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim. Sebagai salah satu hari raya, lebaran kerap kali dimanfaatkan sebagai momen bertemu sanak keluarga di kampung halaman.

Berbagai transportasi yang tersedia dapat menjadi pilihan untuk mudik ke kampung. Seperti bus, kereta, pesawat, kapal, hingga kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Mobil adalah salah satu transportasi yang kerap dipilih untuk bermudik. Selain praktis, jika mudik menggunakan mobil juga lebih ekonomis dan dapat digunakan untuk berkeliling bersama di kampung halaman.

Banyaknya pemudik yang memilih mobil menyebabkan kemacetan panjang di jalan yang menjadikan waktu perjalanan semakin panjang. Belum lagi lokasi kampung halaman yang jauh, mengharuskan para pemudik duduk lama di dalam mobil.

Hal inilah yang patut diwaspadai bagi para pemudik. Duduk di mobil selama berjam-jam dapat menimbulkan masalah kesehatan. Jika pemudik tidak memperhatikan posisi duduk yang baik, akan menyebabkan keluhan pegal hingga nyeri pinggang.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu dosen Jurusan Fisioterapi PKM, Srisaadiyah L,S,Sos.Ft.Physio.M.Kes. Apabila  tidak memperhatikan posisi duduk  yang benar akan menyebabkan nyeri pada pinggang. Sehingga diperlukan pencegahan dan penanganan lebih dini agar tak menimbulkan  efek samping jangka panjang.

“Nyeri pinggang terjadi karena otot pinggang yang melemah, bahkan jepitan saraf, jika kita terus membiasakan diri duduk dengan posisi yang salah, maka tubuh juga jadi tidak tegap dan postur tubuh kita akan berubah,” ujarnya.

Maka dari itu, perlu diperhatikan cara duduk yang baik dan benar agar pejalanan mudik menjadi lebih nyaman dan lancar. Berikut ini beberapa tips Untuk mencegah nyeri pinggang akibat duduk terlalu lama.

Pertama, duduk dengan posisi tegak sesuai struktur anatomis tulang belakang. Jangan duduk membungkuk atau terlalu bersandar kebelakang saat duduk dalam waktu yang lama. Agar lebih nyaman, dapat pula menambah bantal pada jok mobil sebagai pengganjal punggung.

Kedua, jangan menyilangkan kaki saat duduk di dalam mobil. Posisi kaki diturunkan ke bagian lantai mobil, agar membentuk posisi tegak pada saat duduk.

Terakhir, selama perjalanan, pemudik  harus melakukan peregangan pada anggota tubuh, seperti meluruskan kedua tangan, atau memutar kepala ke kiri dan ke kanan. Hal ini dilakukan agar aliran darah kembali lancar.

*Reporter :Kru-03