Dinilai Lebih Optimal, Sipenmaru Alih Jenjang PKM Gunakan Ujian CBT

oleh -279 views
Ujian Sipenmaru Jalur Alih Jenjang : Peserta Mengikuti Ujian Berbasis Komputer, Gedung Borneo, Bantabantaeng, Rabu (19/06).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) tahun ini menyelenggarakan ujian Sipenmaru Jalur Alih jenjang menggunakan komputer atau Computer Based Test (CBT).

Ujian dilaksanakan di Ruang CBT milik Poltekkes Kemenkes Makassar yang berlokasi di Jalan Wijaya Kusuma, Bantabantaeng.

Ruang CBT ini memiliki komputer sebanyak 110 unit, sehingga dapat memfasilitasi sekitar 200 peserta ujian yang dibagi dalam 3 sesi –setiap sesi berlangsung 120 menit-.

Ketua Panitia, Dr.H.Herman, S.Pd, M.Kes mengatakan, tahun ini menggunakan Ujian CBT untuk mengoptimalkan fasilitas yang tersedia. Selain itu, menggunakan Ujian CBT dapat mengefisiensi tenaga SDM dan penyediaan alat tulis.

“Dalam rangka efisinsi, baik bagi SDM, dari segi alat tulis, dan pemanfaatan (ruang) CBT kita,” ujarnya saat ditemui usai berlangsungnya ujian, Rabu (19/06).

Ujian CBT juga dinilai lebih menguntungkan bagi peserta ujian. Keuntungan yang diperoleh seperti memudahkan mengisi data dan jawaban, meminimalisir kecurangan, dan hasil ujian dapat diperoleh lebih cepat dan akurat.

Hal serupa diungkapkan oleh salah seorang peserta ujian CBT, Risnawati. Ia merasa ujian menggunakan komputer lebih memudahkan dibanding dengan menggunakan ujian tulis.

“Mudah-mudahan bisa seterusnya dan dikembangkan, karena sudah bagusmi,” harapnya.

*Reporter :Kru-M37-M38-M57