HMJ-AK Gelar Seminar ATLM Hadapi Laboratorium Era 4.0

oleh -
ATLM Era 4.0: Pemateri saat memaparkan materi tentang dampak era 4.0 terhadap ilmu ATLM masa kini, Gedung Borneo, Minggu, (08/12).

MAKASSAR, INTELLIGENT – HMJ-AK menggelar seminar kesehatan dengan mengangkat tema “ATLM Challenges in The Industrial 4.0 Era and Update of Laboratory Testing” sesuai dengan kebutuhan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) kedepannya.

Seminar ini menghadirkan dua pemateri yakni Bakri Umar, S.Si. M.Kes, penunjang medik RS Sandi Karsa dan Yaumil Fachril Tandjungbulu, S.ST., M.Kes, dosen Politeknik Kesehatan Makassar (PKM) membahas terkait tantangan dan perkembangan terbaru ATLM.

Yaumil Fachri mengatakan untuk menghadapi masa ini, dimana nantinya alat-alat pada laboratorium akan menggunakan sistem Internet Of Things sehingga para tenaga ATLM perlu mempersiapkan diri khususnya dalam bidang keterampilan.

“Yang harus disiapkan adalah yang pertama otak kita, jadi otak kita itu perlu diisi dengan penguatan pengetahuan, skill atau keterampilan, dan inovasi” ungkapnya disela-sela pemaparan materi seminar di Gedung Borneo, Minggu (8/12).

Dosen ATLM PKM, Yaumil Fachri mengatakan khususnya PKM dalam upaya melakukan perkembangan laboratorium dilingkup poltekkes agar dilakukan study tour ketempat-tempat yang lebih maju untuk melihat perkembangan pendidikan, dengan upaya tersebut diharapkan adanya lab riset pada lingkup PKM khusus pengembangan dunia penelitian minimal laboratorium molekuler.

“Dengan adanya lab riset kita sebagai BLU (Badan Layanan Umum) bisa melakukan pemeriksaan-pemeriksaan jadi mahasiswa tidak perlu ke rumah sakit lagi untuk melakukan penelitian dan dosen tidak perlu kerumah sakit untuk melakukan riset karena kita bisa melakukan di lab kita sendiri” ungkapnya saat diwawancarai.