Fisioterapi Jadi Jurusan Program Profesi Pertama Poltekkes Makassar

oleh -
Bangunan kampus Jurusan Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar.

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) akhirnya berhasil membuka program studi Profesi yang pertama yaitu program Profesi Jurusan Fisioterapi.

Program Profesi adalah program studi lanjutan bagi Mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai landasan praktik Rumah Sakit.

Pengusulan program Profesi Fisioterapi ini dimulai sejak Januari 2017 namun saat pengumuman keluar bulan Februari belum disetujui karena format profesinya tidak sesuai. Tahun 2018 format Profesi yang baru keluar dan dimulai kembali penyusunan format yang sesuai.

Ketua Tim Profesi, Sudaryanto S.ST,.Ft,.M,.Fis mengatakan pengusulan profesi ini sangat mendadak, sehingga awalnya tidak ingin dibuat namun, terus di dorong oleh pihak Direktorat. 9 April format usulan kembali diupload tapi masih belum juga di setujui. Setelah merevisi kembali format dengan masukkan oleh Assesor akhirnya usulan profesi tersebut disetujui.

“Bulan Oktober akhir diupload, Desember disetujui Prodi Profesi Fisioterapi,” ujarnya saat diwawancarai di kampus Fisioterapi, Jumat (21/12).

Selama penyusunan format usulan banyak dialami kendala dikarenakan level format yang semakin sulit. Dimana fokus utama program profesi ini adalah Clinical Education (CE).

Ketua Jurusan Fisioterapi, Darwis Durrahim S,.St,.Ft.,S,.Pd,.M,.Kes mengatakan setelah persetujuan program Profesi di terima, langkah selanjutnya yaitu visitasi oleh pihak DIKTI, Profesi, dan Assesor sesuai dengan format. Jika saat visitasi dianggap layak dan sesuai maka akan diberikan izin, namun untuk visitasi sendiri harus menunggu.

“Poltekkes Makassar ada di urutan ke-8 dan butuh waktu sekitar 3 bulan untuk sampai ke visitasi,” ujarnya.

Banyak harapan dengan dibukanya program profesi pertama Poltekkes Makassar. Mahasiswa Prodi D3/ D4 dapat mengikuti Profesi ini sehingga mutu tenaga kesehatan akan semakin baik.

 

 

 

Reporter : *Kru-Dst-Rni-Nal-Lnk-Nfd