Corona Merebak, Ketahui Zat Gizi Peningkat Imunitas

oleh -
Potret aneka ragam makanan dengan berbagai macam kandungan zat gizi (Foto : tirto.id)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Masifnya penyebaran virus Corona di Indonesia semakin mengancam masyarakat. Terbukti, hingga Rabu (08/04) kasus positif COVID-19 di Indonesia telah mencapai 2.956 kasus.

Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan vaksin atau antivirus penangkal Corona. Sehingga, masyarakat  diharuskan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sendiri guna menangkal COVID-19.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi serta memerhatikan zat gizi yang terkandung dalam makanan. Berikut beberapa zat gizi yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Vitamin A

Selain dapat menyehatkan mata, vitamin A juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh  dan dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Bahan makanan yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh yang mengandung vitamin A yaitu wortel, ubi jalar, bayam, brokoli, dan paprika merah.

Vitamin C

Vitamin C memiliki fungsi yang dapat melindungi tubuh dari infeksi dengan cara merangsang antibodi sebagai sistem pertahanan tubuh yang bereaksi dengan melawan virus agar mati dan tidak berkembang. Makanan yang mengandung vitamin C yaitu jeruk, paprika merah, pepaya, strawberry, jambu biji, dan buah-buahan lainnya.

Vitamin E

Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dan juga berperan penting untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi biji bunga matahari, kacang almond, minyak sayur, kacang hijau, dan kacang-kacangan lainnya dapat membantu anda meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh.

Zink

Zink merupakan mineral penting yang ada dalam tubuh agar memproduksi sel-sel untuk meningkatkan imunitas tubuh. Zink juga berfungsi membantu sistem imun agar bekerja dengan baik. Zink dapat ditemukan pada bahan makanan seperti daging tanpa lemak, ayam, makanan laut, susu, buncis, dan kacang-kacangan.

Dengan menjaga sistem kekebalan tubuh sendiri sama dengan menjaga keluarga dan orang-orang terdekat kita dari penularan penyakit yang mematikan. Tetap perhatikan pola hidup bersih dan mengonsumsi makanan yang sehat.

*Reporter : Kru-M50