Antisipasi Corona, HAKLI Sulsel dan Kesling Polkesmas Lakukan Penyemprotan Disinfektan

oleh -
Penyemprotan disinfektan oleh salah satu mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan sebagai relawan dalam kegiatan ini di Perpustaan Terpadu Kampus Tidung Polkesmas, Tidung, Senin (23/03).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bekerja sama dengan Jurusan Kesehatan Lingkungan (Kesling) melakukan penyemprotan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah Kampus Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas).

Kegiatan ini dilakukan merata di delapan Jurusan Poltekkes Kemenkes Makassar, meliputi Jurusan Farmasi, Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan, Gizi, Fisioterapi, Kebidanan, Keperawatan Gigi, dan Keperawatan, termasuk wilayah Direktorat Polkesmas.

Hal itu diungkapkan Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan, Syamsuddin S, SKM., M.Kes. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini telah diadakan sejak 23 Maret 2020 dan rencananya akan berakhir pada  27 Maret 2020.

“Untuk mencegah terjadinya meluasnya Covid-19 perlu ada penyemprotan disinfektan, untuk sementara kita penyemprotan semua jurusan, direktorat, dan sekitar Banta-bantaeng rumah ibadah yang mulai kita lakukan hari sabtu kemarin,” ungkapnya saat diwawancarai, Senin (23/3).

Ia menambahkan bahwa cairan disinfektan yang digunakan merupakan hasil racikan sendiri. Beberapa bahan yang digunakan diantaranya 10 mL Bayclin dan 25 mL Super Pell dalam 1 Liter air untuk mengisi alat Hand Sprayer. Sedangkan, alat Mist Blower hanya membutuhkan alkohol 70%.

“Mist Blower kita pakai alkohol 70%. Terus yang kedua, Hand Sprayer kita meracik disinfektan, yaitu 1 Liter air perbandingannya 10 miliLiter Bayclin pemutih kan, kemudian untuk semacam itu Super Pell dan segala macamnya itu kita pakai 25 miliLiter, aduk, campur, dalam 1 Liter kan,” imbuhnya.

Penyemprotan disinfektan yang diadakan oleh HAKLI dan Jurusan Kesling ini juga membuka kesempatan bagi mahasiswa beserta dosen dari Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar untuk bisa berkontribusi langsung dalam kegiatan ini.

Salah satu mahasiswa D.IV Jurusan Kesehatan Lingkungan, Abdul Rahman merasa senang dan bangga bisa turut andil dalam mengupayakan pencegahan Covid-19 di lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar.

“Senang karena bisa turun langsung di lapangan untuk mencobanya pasti ada rasa bangga tersendiri, apalagi dengan penyemprotan itu bisa melindungi orang-orang dari virus Covid-19,” ujarnya.

*Reporter : Kru-M25