Ancaman Sampah Plastik Bagi Kesehatan

oleh -
Ilustrasi Sampah Plastik (Foto :Edie.net)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Sampah plastik merupakan material yang bersumber dari minyak bumi. Karenanya, sampah plastik merupakan jenis Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak dapat diperbaharui dan hanya dapat berguna sekali pakai.

Ada banyak dampak negatif yang disebabkan sampah plastik bagi lingkungan, Salah satunya dapat merusak ekosistem makhluk hidup baik di darat maupun di laut.

Selain merusak ekosistem, saat sampah plastik dibakar akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Karena saat plastik dibakar akan menghasilkan senyawa dioksin yang sangat berbahaya karena meningkatkan resiko terkena kanker.

Salah satu Dosen Jurusan Kesehatan Lingungan PKM, Rafidah,S.ST.,M.Kes mengatakan, ada banyak cara untuk meminimalisir dampak dari sampah plastik, yaitu dengan menggunakan prinsip 3R, Reuse (penggunaan kembali), Reduce (mengurangi), dan Recycle (mendaur ulang).

“Untuk mengurangi sampah plastik, kita memakai prinsip yang populer yaitu 3R. Tetapi lebih intinya untuk meminimalisirkan penggunaannya yaitu, ya dengan cara mengurangi penggunaan sampah plastik sebisa mungkin,” Jelasnya saat disambangi oleh kru Intelligent, Jumat (10/05).

Namun, kurangnya kesadaran diri masyarakat menjadi hambatan mewujudkan prinsip 3R di lingkungan sekitar. Karenanya, dibutuhkan bimbingan dan pendidikan bagi masyarakat agar terwujudnya lingkungan yang nyaman dan sehat.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan, Iis Herma Putri. Penyuluhan dan sosialisasi harus dilakukan kepada masyarakat agar masyarakat megetahui bahaya sampah plastik bagi lingkungan dan kesehatan.

“Tingkat kesadarannya orang harus kita tingkatkan dengan cara penyuluhan atau sosialisasi, agar masyarakat lebih tau kenapa kita harus kurangi penggunaan plastik,” harapnya.

 

*Reporter :Kru-M59