Adanya Pembatasan Mudik, Wadir 1: Tetap Sesuai Kalender Akademik

oleh -
Ilustrasi mahasiswa yang tetap melaksanakan PBM dikala mudik

Makassar, INTELLIGENT – Pemerintah telah mengeluarkan surat edaran yang Meniadakan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6 – 17 Mei 2021 untuk melindungi masyarakat dari penularan virus Covid-19.

Namun, larangan mudik yang berlaku untuk moda transportasi darat, laut, dan udara ini tidak membuat Politeknik Kesehatan Makassar (Polkesmas) melakukan percepatan untuk pelaksanaan libur lebaran bagi mahasiswanya.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Direktur (Wadir) I Polkesmas, Dr. Rusli, SpFRS, Apt. Ia menjelaskan bahwa kalender akademik yang telah diatur dan ditanda tangani oleh Direktur Polkesmas sehingga kegiatan belajar mengajar tetap berpatok pada kalender akademik dan tidak bisa diubah.

“Kalender akademik telah diatur hitungan hitungannya, jika kalian meminta untuk dimundurkan maka kita mundurkan keseluruhan. Artinya kalian tetap kuliah sampai tanggal 10 dan tidak boleh pulang kampung. Lagi pula pemerintah melarang untuk pulang kampung,” jelasnya.

Disisi lain, mahasiswa sangat mengharapkan libur lebaran dipercepat agar mahasiswa yang berdomisili di luar daerah Makassar dapat melakukan mudik dan melaksanakan lebaran di kampung halaman.

Seperti yang diungkapkan salah satu mahasiswa Jurusan DIII Fisioterapi, Aya Aimal Syaqshana. Ia berharap libur lebaran diumumkan sesegera mungkin dan pihak kampus mempercepat libur lebaran sebelum peniadaan mudik pada tanggal 6 – 12 dilaksanakan.

“Seharusnya jadwal libur sebelum lebaran dipercepat agar tidak bertepatan dengan PSBB sehingga mahasiswa yang berasal dari daerah bisa kembali ke daerahnya masing-masing untuk merayakan idul fitri bersama keluarga,” harapnya.

*Reporter: Kru M-19