Mahasiswa Keluhkan PBM Lebih Awal, Wadir 1: Koordinasikan Dengan Jurusan

oleh -
Ilustrasi mahasiswa yang tetap melaksanakan PBM dikala libur

Makassar, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) telah menjadwalkan libur perayaan Idul Fitri pada kalender akademik. Namun pada pelaksanaannya, sejumlah mahasiswa mengeluhkan adanya beberapa dosen diberbagai jurusan yang tetap melaksanakan praktik belajar mengajar (PBM).

Libur perayaan Idul Fitri yang dimulai sejak 10 hingga 21 Mei 2021 itu tidak berjalan semestinya. Sejumlah dosen tetap melakukan PBM direntang libur perayaan Idul Fitri ini.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan, Andi Khaerunnisa Tenrya Waru. Ia menganggap bahwa pembelajaran yang dilakukan pada saat libur Idul Fitri ini kurang efisien.

“Menurut saya kurang efisien karena harusnya bisa mengikut atau diberlakukan sistem kalender akademik,” ujarnya.

Namun hal yang berbeda diungkapkan oleh salah satu Mahasiswa Jurusan Keperawatan, Alya Tri Al-Islami. Ia mengungkapkan bahwa dosen juga memiliki capaian pembelajaran yang harus dicapai sehingga ada beberapa dosen yang memutuskan untuk tetap melaksanakan pembelajaran dilibur perayaan Idul Fitri.

“Karna telah dikoordinasikan oleh mahasiswa dan dosen langsung mengenai hal itu, dan dosennya pun mengakui bahwa hal tersebut memang hal yang melanggar. Hanya saja ada kewajiban dosen untuk melakukan proses belajar mengajar juga ada capaian yg harus dicapai oleh dosen tersebut,” jelas pada Kru LPM Intelligent.

Disisi lain, Wakil Direktur I Polkesmas, Dr. Rusli, SpFRS, Apt, menyatakan bahwa PBM akan dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik dan tetap berkoordinasi dengan jurusan.

“Ini sudah jelas aturannya cobalah koordinasi dengan kajur atau pihak kampus sebagai tempat pelaksanaan pbm,” tuturnya (16/05).

*Reporter: Kru 01