Waspada COVID-19, Mahasiswa Polkesmas Akan Gunakan Virtual Learning

oleh -
Gedung Direktorat Poltekkes Kemenkes Makassar (Foto : Instagram-@poltekkeskemenkesmakassar)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Setelah sejumlah perguruan tinggi di Indonesia memutuskan untuk membatasi aktivitas perkuliahan, kini Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) berencana memberlakukan kuliah daring guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, sesuai instruksi dari surat edaran Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Poltekkes Kemenkes Makassar telah menarik mahasiswanya dari sejumlah rumah sakit dan menunda pemberangkatan mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Terpadu 2020.

Wakil Direktur I (Wadir I), Dr. Rusli, SpFRS, Apt mengungkapkan bahwa Poltekkes Kemenkes Makassar berencana mengadakan perkuliahan dengan metode daring melalui Virtual Learning Poltekkes (Vilep).

“Betul pembelajaran daring melalui Virtual Learning Poltekkes (Vilep), besok informasi resmi dari Poltekkes Kemenkes Makassar karena beberapa hal akan dibicarakan dan akan diumumkan paling lambat jam 09.00, terima kasih,” ungkapnya ketika diwawancarai, Minggu (15/03).

Disisi lain, tidak semua mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar  merasa puas terkait rencana kebijakan pengadaan perkuliahan daring yang dirancang oleh pihak Polkesmas.

Seperti yang dirasakan salah satu mahasiswa D.III Jurusan Kesehatan Lingkungan, Sindy Rahmawati memilih untuk pasrah soal kebijakan Polkesmas meski ia merasa kuliah daring kurang efektif.

“Yah mau diapa, ini juga demi kebaikan mahasiswa. Tapi, kalau masih bisa kita belajar di kelas, diusahakan lah karena beda sekali itu proses belajar mengajar (PBM) antara online dengan tatap muka,” ujarnya.

*Reporter : Kru-M58