Akibat Wabah Corona, Polkesmas Tunda PKL Terpadu 2020

oleh -
Pamflet pemberitahuan penundaan PKL Terpadu Poltekkes Kemenkes Makassar (Foto : Instagram-@pklterpadu2020)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Pemberangkatan mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Terpadu Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) ke Kabupaten Enrekang yang mulanya akan dilaksanakan pada tanggal 16-17 maret 2020 terpaksa ditunda sebagai upaya mencegah penularan virus corona.

Penundaan pelaksanaan PKL Terpadu 2020 dilakukan pihak Poltekkes Kemenkes Makassar sesuai instruksi surat edaran Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM).

Berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan COVID-19 pada satuan pendidikan, di poin ke 16 menyebutkan, untuk menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak orang atau kegiatan di lingkungan luar satuan pendidikan.

Ketua Panitia PKL Terpadu Poltekkes Kemenkes Makassar, St. Nurul Fajriah, S. Pd S. Ft M. Kes membenarkan adanya penundaan kegiatan PKL Terpadu 2020. Ia mengatakan penundaan ini dilakukan atas instruksi dan edaran Kepala BPPSDM.

“Beberapa poltekkes lain sudah menarik mahasiswa dari lahan praktek dan membatalkan pkl yang mereka laksanakan, instruksi dan edaran kepala BPPSDM,” ujarnya diwawancarai Sabtu (14/02).

Hingga saat ini, jadwal pemberangkatan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar yang akan mengikuti PKL Terpadu 2020 belum ditentukan. Mahasiswa masih menunggu terkait informasi pembaruan jadwal keberangkatan.

Salah satu mahasiswa D.IV Jurusan Fisioterapi, Alma Ramadhanty tak menampik adanya rasa kecewa dikalangan mahasiswa, tetapi ia memilih pasrah perihal penundaan tersebut.

“Saya rasa banyak teman-teman yang merasa kecewa, tapi kembali lagi kita lihat, kebijakan dikeluarkan pasti ada tujuannya apalagi untuk orang banyak dimasa genting seperti ini,” ungkapnya.

 

*Reporter : Kru-M28