Upayakan Tak Online, Jadwal Wisuda Polkesmas Kemungkinan Diundur

oleh -
Calon Wisudawan dan Wisudawati saat mengikuti Geladi Wisuda di Hotel Claro, Senin (27/08/18)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Pandemi COVID-19 mengakibatkan sejumlah perguruan tinggi menggelar wisuda secara online. Namun, Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) tetap mengupayakan pelaksanaan wisuda diadakan secara tatap muka dan memilih kemungkinan untuk mengundur waktu pelaksanaan wisuda.

Pelaksanaan wisuda secara tatap muka masih menjadi pilihan utama bagi pihak Direktorat Polkesmas. Hal ini disebabkan belum ada keputusan resmi dari Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK).

Hal tersebut disampaikan Wakil Direktur (Wadir) III Poltekkes Kemenkes Makassar, Dr. H. Herman, S.Pd, M.Kes. Ia mengatakan, jadwal pelaksanaan wisuda yang telah ditetapkan kalender akademik kemungkinan akan mengalami pengunduran agar wisuda secara tatap muka dapat terlaksana.

“Bisa jadi mundur, saya sudah pernah ceritakan pimpinan, saya inikan menawarkan, tapi, jangan dulu pak, nanti kita seperti konsep yang tahun lalu saja, tetapi kita lihat situasi, kita mengikuti situasi kondisi pandemi ini, yah,” terangnya, Rabu (27/05).

Ia menambahkan, pelaksanaan wisuda secara tatap muka akan dibagi menjadi beberapa gelombang sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19  dan tetap menerapkan panduan pencegahan COVID-19.

“Dengan jumlah yang banyak, otomatis tidak mungkin di satukaligus, bisa berkali-kali, lebih dari satu kali wisuda, tapi yang penting itu kalau seandainya terjadi hal memungkinkan kita melakukan demikian, tetapi tetap masih menggunakan standar pencegahan Covid ini,” ujarnya.

Kemungkinan pengadaan wisuda secara tatap muka akan menerapkan physical distancing sesuai imbauan pemerintah dan membatasi jumlah undangan untuk menghindari kerumunan massa.

“Barangkali kemungkinan nanti wisuda juga begitu, bisa jadi orang tua sudah dibatasi, yah, dijaga jaraknya, apa dan sebagainya, yah, supaya tidak terjadi kerumunan massa karena itu, nanti kita lihat situasinya, yah,” ungkapnya.

*Reporter : Kru-M46