Uji Coba PKL Daring, Data Sasaran PKL Tuai Sejumlah Persoalan

oleh -
Ilustrasi komunikasi PKL daring (Foto : gurupendidikan.co.id)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Data sasaran Praktik Kerja Lapangan (PKL) Terpadu Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) menuai sejumlah persoalan di kalangan mahasiswa pada uji coba pelaksanaan PKL Terpadu daring tahun 2020.

Data sasaran PKL daring tersebut berupa daftar nomor ponsel masyarakat Kabupaten Enrekang yang diberikan kepada seluruh kelompok mahasiswa PKL Terpadu Polkesmas yang tersebar di beberapa posko.

Salah satu mahasiswa PKL Terpadu Polkesmas, Muhammad Inggar Mahawira mengungkapkan, sejumlah persoalan yang ditemui mahasiswa Polkesmas ialah kesalahan pendataan nomor ponsel, penolakan, hingga menghadapi ancaman dari masyarakat sasaran PKL Terpadu Polkesmas.

“Karena bukan cuma satu orang yang mengalami dan masalahnya bukan cuma itu, ada juga yang mengaku bukan atas nama yang ada di data yang disiapkan panitia, ada juga kesalahan nomor, dan bahkan ada yang menolak dan mengancam karena seolah-olah merasa dipaksa,” bebernya.

Persoalan yang dialami sejumlah mahasiswa Polkesmas tersebut terjadi pada saat dilakukan tahap awal dalam uji coba pelaksanaan PKL Terpadu Polkesmas yang pertama kali diadakan secara daring pada tahun 2020.

Hal itu disampaikan Sekretaris Panitia PKL Terpadu Polkesmas, Syamsuddin, SKM., M.Kes. Ia mengatakan bahwa persoalan yang dialami sejumlah mahasiswa disebabkan penyampaian informasi yang belum dilakukan pihak Desa kepada sasaran.

“Itu tahap awal pada saat uji coba, Kepala Desa, TPG dan Bidan Desa belum menginformasikan ke sasaran, tapi sekarang permasalahan itu sudah tidak ada lagi,” ujarnya, Rabu (03/06).

*Reporter : Kru-M50