Tahap Sosialisasi, Polkesmas Terapkan PBM New Normal

oleh -
Direktorat Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) akan menerapkan Proses Belajar Mengajar (PBM) New Normal di lingkungan Polkesmas sebagai tahap sosialisasi dan uji penerapan New Normal di masa pandemi COVID-19.

PBM New Normal diadakan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan penyelesaian Karya Tulis Ilmiah (KTI) atau Skripsi, ujian proposal/hasil/sidang, konsultasi Penasihat Akademik (PA), praktik klinik/lapangan, laboratorium, dan perkuliahan dengan memenuhi ketentuan protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Direktur (Wadir) I, Dr. Rusli, SpFRS, Apt. Ia mengatakan bahwa PBM New Normal hanya berlaku bagi mahasiswa yang mengalami hal tersebut. Sementara itu, PBM daring tetap dilaksanakan hingga 30 Juni 2020 bagi seluruh mahasiswa Polkesmas.

“Akan kami buat edarannya dulu dan hanya untuk mahasiswa yang akan menyelesaikan/finalisasi KTI, Laboratorium, pembimbingan, PKL. Namun, pembelajaran daring tetap dilaksanakan sampai tanggal 30 Juni,” ungkapnya.

Panduan uji penerapan PBM New Normal yang dibuat oleh Wadir I Polkesmas telah beredar di kalangan sivitas akademika. Dalam panduan tersebut memuat protokol kesehatan PBM dan waktu pelaksanaan PBM New Normal yang akan dilaksanakan pada 5 Juni hingga 30 Juni 2020.

Uji penerapan PBM New Normal akan dilaksanakan selama empat hingga enam pekan dan pelaksanaannya dapat dikoordinasikan melalui Ketua Jurusan (Kajur) atau Ketua Program Studi (Kaprodi) dan Penanggung Jawab Mata Kuliah (PJMK).

“Jadi kita coba sosialisasi New Normal PBM kurang lebih 4-6 minggu dan nanti koordinasinya juga melalui Kajur atau Kaprodi atau PJMK,” ujarnya ketika diwawancarai oleh Kru Intelligent.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada surat edaran resmi dari pihak Direktorat Polkesmas terkait waktu pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) New Normal bagi mahasiswa Polkesmas.

*Reporter : Kru-M23