Tips Menghindari Bau Mulut

oleh -
Ilustrasi bau mulut (Foto: Pixabay)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Dalam aktifitas sehari-hari, berbicara dengan orang merupakan hal yang pasti dilakukan. Tentu saja menyebabkan ketidaknyamanan saat lawan bicara memiliki bau nafas yang tak sedap.

Penyebab bau nafas yang tak sedap ialah kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga. Selain itu, disebabkan karena terjadinya kekeringan mulut sehingga kadar air liur menurun dan menyebabkan penumpukan bakteri di sekitar mulut.

Penumpukan bakteri inilah yang menjadi penyebab mulut mengeluarkan bau nafas yang tak sedap. Berikut ini adalah tips-tips dari Muhammad Saleh S, S.IT.,M.Kes, salah satu dosen Jurusan Keperawan Gigi Poltekkes Kemenkes Makassar mengenai cara mengatasi bau nafas tak sedap.

1. Menyikat gigi dengan benar
Salah satu cara untuk menjaga kebersihan mulut adalah dengan rutin menggosok gigi, tiga kali sehari (pagi, siang dan malam). Selain bermanfaat memutihkan gigi, dapat menghindarkan kita dari bau mulut karena mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut. Usahakan mengganti sikat gigi 3 bulan sekali.

2. Menggunakan obat kumur anti bakteri
Selain rutin menggosok gigi, menggunakan obat kumur juga menjadi solusi ampuh memiliki nafas segar. Obat kumur yang disarankan adalah yang memiliki kandungan anti bakteri, misalnya Joy Polynse.

3. Banyak konsumsi air putih
Perbanyak konsumsi cairan Anda dengan sering minum air putih. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kondisi mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut. Minum air putih akan menjaga tubuh kita agar tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Kekurangan cairan dapat menyebabkan berkurangnya air liur dan menimbulkan nafas bau pada mulut. Untuk itu usahakan jangan sampai mulut dan tenggorokan Anda kering.

4. Batasi minuman berkafein
Hindari meminum kafein yang berlebihan, misalnya kopi. Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan asam lambung. Inilah salah satu alasan mengapa penderita maag kronis disarankan untuk menghindari kopi. Sedangkan asam lambung merupakan salah satu penyebab bau mulut. Jadi untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh penyakit yang berkaitan dengan perut dan usus (seperti asam lambung), sebaiknya Anda menghindari penyebabnya, salah satunya adalah kopi.

5. Perbanyak mengonsumsi teh
Berdasarkan sebuah hasil studi, secangkir teh yang dikonsumsi setiap hari dapat menghindarkan kita dari bau nafas tak sedap. Baik teh merah maupun teh hijau keduanya memiliki manfaat yang sama untuk hal ini. Teh banyak mengandung polifenol, yaitu antioksidan yang dapat membunuh bakteri pada mulut.

*Reporter: Kru-03