Tak Hanya Orang Dewasa, Bayi Juga Dapat di Massage

oleh

MAKASSAR, INTELLIGENT – Kelahiran seorang bayi merupakan sebuah anugerah dari Tuhan yang sangat dinantikan oleh semua pasangan di dunia. Seorang bayi yang lahir dengan tubuh mungil dengan gelagat yang lucu dan menggemaskan akan sangat menyedihkan jika terserang penyakit. Layaknya orang dewasa, ternyata bayi juga dapat di massage (pijat) untuk meningkatkan tumbuh kembang pada bayi.

Orang tua pasti sangat menjaga kesehatan Anak-anaknya dengan melakukan berbagai cara. Mulai dari selektif terhadap makanan, minuman serta lingkungannya. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak pula inovasi-inovasi baru yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan di berbagai bidang. Terutama pada bidang kesehatan, salah satunya ialah massage atau pijat pada bayi.

Pijat pada bayi sangat penting dilakukan untuk tumbuh kembang bayi dari baru lahir hingga usia Balita (Bayi Lima Tahun). Menurut salah satu Dosen Jurusan Fisioterapi Politeknik Kesehatan Makassar (PKM), sekaligus Terapis Fisioterapi Pediatri (Anak-anak) Suharto, S.St.Ft., M.Kes. mengatakan, pijat atau terapi pada bayi  sangat bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

“Misalnya berat badan bayi, perkembangan motorik, kualitas tidur, dengan terapi perkembangan Sel-sel saraf otaknya akan berkembang dengan baik,” jelasnya saat di wawancarai, Kamis (15/12).

Bayi yang dipijat otot-ototnya akan lebih keras sehingga mempercepat tumbuh kembangnya, seperti berjalan. Orang tua yang melakukan pijat pada bayinya akan mempunyai kedekatan emosional yang lebih besar kepada orangtuanya.

Di kota-kota di Indonesia sudah banyak yang memfasilitasi pijat atau terapi pada bayi. Namun sayangnya, biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit. Bayi yang dipijat dan tidak di pijat  terdapat perbedaan yang signifikan. Sama halnya dengan bayi yang minum dari susu formula dan air susu ibu (ASI).

Melakukan massage pada bayi tentu penting dilakukan karena berdampak baik untuk tumbuh kembang bayi. Para orang tua pasti menginginkan hal yang terbaik untuk anak-anaknya. Mengingat biaya yang dikeluarkan untuk pijat pada bayi ini tidak sedikit.

Sebaiknya bagi para orang tua yang memiliki pendidikan dan kemampuan untuk melakukan pijat pada bayinya, bisa melakukannya sendiri di rumah. Tapi, lebih di anjurkan untuk membawa bayinya di fisioterapis terdekat yang ada di Rumah sakit.

*Tulisan ini telah terbit di Surat Kabar Mahasiswa Intelligent Edisi 1