Sosialisasi 3M, Polkesmas Gelar Aksi Bagi-bagi Masker

oleh -
Direktorat Polkesmas saat melakukan sosialisasi 3 M di Taman Pakui Sayang, Jl AP Pettarani, Makassar, Minggu (06/09).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) mengadakan pembagian sejumlah masker di Taman Pakui Sayang, Jl AP Pettarani, Makassar pada 6 September 2020.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan senam bersama ini merupakan upaya sosialisasi Polkesmas dalam rangka pencegahan Covid-19 dalam bentuk kampanye 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sesuai arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Polkesmas, Dr. Siti Nurul Fajriah, S.Pd, S.Ft.Physio, M.Kes. Ia juga mengatakan bahwa sosialisasi ini ikut melibatkan seluruh unsur yang ada di Polkesmas.

“Iya, jadi polkesmas bergerak secara menyeluruh mulai dari unsur Direktorat, Jurusan, Prodi, BEM dan HMJ. Intinya untuk kegiatan kampanye 3M ini bukan hanya tugas dari Kemenkes saja, namun seluruh tatanan masyarakat,” ujarnya, Senin (07/09).

Sosialisasi 3M yang dilakukan Polkesmas akan terus berlangsung hingga akhir tahun 2020 dengan mengadakan berbagai tahapan kegiatan, mulai dari imbauan memakai masker, cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan jaga jarak.

“Untuk tahap pertama sudah dimulai bulan Agustus sampai 6 September kemarin, itu khusus untuk penegasan memakai masker secara serentak. Nanti tanggal 7 September sampai 6 Oktober untuk penegasan kampanye kedua, yaitu CTPS dan tanggal 7 Oktober sampai 6 November itu penegasan untuk kampanye jaga jarak. Nanti dibulan Desember ketiga-tiganya digaungkan kembali untuk 3M,” terangnya.

Ia pun berharap bahwa sosialisasi 3M dapat dilakukan secara optimal, tidak hanya mengadakan pembagian masker, tetapi juga melakukan edukasi bagi masyarakat dalam rangka pencegahan COVID-19.

“Harapannya Poltekkes bisa berkontribusi untuk mengoptimalkan pencegahan Covid-19 karena kita adalah institusi pendidikan maka arah kita lebih mengedukasi masyarakat yang berarti bukan hanya membagi masker, namun memberikan edukasi pencegahan Covid-19,” harapnya.

Selain unsur Polkesmas, Kegiatan pembagian masker kepada warga di wilayah Taman Pakui Sayang juga diikuti oleh beberapa pihak, seperti Yayasan Sandi Karsan dan Universitas Islam Indonesia.

*Reporter: Kru-M11