Pelaksanaan Ujian Tulis SIPENMARU POLTEKKES MAKASSAR 2016

oleh
tampak para peserta saat mengerjakan soal ujian dengan tenang


MAKASSAR, INTELLIGENT
Ujian tertulis jalur umum yang diadakan di Poltekkes Kemenkes Makassar daerah Tidung hari Rabu (15/6). Ujian tersebut adalah salah satu persyaratan yang harus dilalui oleh calon Mahasiswa untuk masuk di kampus Poltekkes Kemenkes Makassar.


Suasana ujian tertulis yang berlangsung di PoltekkesKemenkes Makassar daerah Tidung diadakan di beberapa gedung, yaitu gedung Auditorium, D.IV dan Aula Keperawatan serta di Jurusan Keperawatan dan Kebidanan. Suasana ujian sangat terlihat tenang dan penjagaan yang sangat ketat. Para peserta duduk dengan rapi sambil mengerjakan soal ujian yang telah dibagikan oleh pengawas.

Ada beberapa perbedaan antara tes Sipenmaru tahun lalu dan tahun ini. Tahun lalu berkas para calon Mahasiswa diverifikasi beberapa hari sebelum ujian tulis namun tahun ini berkas langsung diverifikasi pada saat ujian tulis dimulai. Perbedaan ini membuat peserta tidak repot bolak-balik kekampus hanya untuk memverifikasi berkas.

“Untuk tahun ini dibuka 4 jalur untuk uji tulis. Yaitu jalur umum, jalur gakin, jalur DTPK dan jalur alih jenjang. Sedangkan jalur alih jenjang dibagi lagi menjadi 2 yaitu jalur dari D1-D3 dan jalur D3-D4” Ungkap Hj. Fatmawati selaku KAUR Kemahasiswaan di Poltekkes Kemenkes Makassar.

Beliau juga menambahkan bahwa Poltekkes Kemenkes Makassar juga memberikan kemudahan kepada calon Mahasiswa baru yang berada diluar Makassar, merekayang ingin mendaftar namun tidak terdapat jurusan yang mereka inginkan di Poltekkesyang ada di daerah mereka, mereka bisa melakukan tes tulis di Poltekkes daerah mereka dan berkasnya akan dikirim ke Poltekkesdimana mereka mendaftarsehingga mempermudah peserta yang berada diluar daerah.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, calon Mahasiswa yang menjalani ujian ini bukan hanya berasal dari berbagai daerah serta kepulauan di Sulawesi Selatan saja namun ada juga dari luar Sulawesi Selatan dari Bima, Samarinda, Buton, Poso serta daerah-daerah terdekat lainnya.
Salah satu calon mahasiswa baru bernama Muhammad Rasyid asal Takalar mengatakan bahwa dia jauh-jauh dari rumahnya di Galesong hanya untuk mengikuti tes tertulis Sipenmaru

“Soalnya susah-susah gampang terutama di soal matematika yang katanya membuatnya pusing apalagi sekarang sedang berpuasa” Ungkapnya setelah ujian selesai.


Walaupun demikian itu tidak menyurutkan semangatnya untuk mengerjakan soal demi lulus di jurusan Keperawatan Gigi.  

*Reporter- Ammar, Lili, Ita