9 Keuntungan Menjadi Jurnalis Kampus, Tertarik?

oleh -
Kru LPM Intelligent saat berkunjung ke Kantor Tribun Timur, Jl. Cendrawasih Makassar.

MAKASSAR, INTELLIGENT – Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) menyediakan berbagai macam bentuk kegiatan mahasiswa. Mulai dari yang bergelut di bidang kesenian hingga di bidang olahraga.

Diantara sekian banyak kegiatan mahasiswa tersebut, ada baiknya kalian mencoba terjun di bidang Jurnalistik. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Intelligent hadir menjadi wadah bagi kalian yang berminat mengembangkan skill kejurnalistikan.

Apalagi bagi kalian yang memiliki hobi menulis, tentunya pilihan yang tepat jika bergabung bersama LPM Intelligent. Tapi sebelum itu, kalian perlu ketahui kelebihan apa saja yang bisa kalian dapatkan jika bergabung menjadi jurnalis kampus.

  • Bertemu pimpinan tertinggi kampus

Tidak semua mahasiswa memiliki kesempatan untuk berbicara langsung dengan petinggi-petinggi kampus, seperti Direktur, Ketua Jurusan, dan lain-lain. Namun, dengan menjadi Jurnalis LPM Intelligent, kalian akan mendapatkan banyak kesempatan berinteraksi langsung dengan petinggi kampus. Interaksi tersebut seringkali berupa wawancara saat melakukan peliputan.

  • Memiliki jejaring yang luas

Menjadi pers mahasiswa membuat kalian harus sering bertemu dengan orang-orang yang baru. Misalnya dengan meliput, kalian akan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang berbeda. Di luar kampus, ada perhimpunan pers mahasiswa se-indonesia, yang membuat kita lebih banyak mengenal pers mahasiswa dari kampus-kampus lain.

  • Mengasah kemampuan menulis

Seringkali menulis bahan dan data-data saat meliput, menjadikan kalian akan terlatih berbahasa dengan rapi agar dapat dipahami pembaca. Hal tersebut dapat menambah keterampilan menulis. Dengan terbiasa menyusun tulisan dan berita, seorang pers mahasiswa dapat berevolusi menjadi seorang penulis.

  • Mengasah skill fotografi, desain grafis dan layout

Menjadi pers mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai lebih dari satu skill jurnalistik. Kerja-kerja jurnalistik seringkali mengharuskan seorang reporter menggarap menjadi fotografer, atau bahkan menjadi layouter. Hal tersebut dapat mengasah skill jurnalistik kalian.

  • Bertemu para jurnalis profesional

Biasanya, pers mahasiswa akan seringkali bertemu dengan wartawan-wartawan profesional saat melakukan pelatihan atau diklat. Di LPM Intelligent sendiri, kalian dapat bertemu dengan jurnalis profsional melalui diklat jurnalistik mahasiswa, kunjungan media, dan workshop jurnalistik. Kalian dapat mengambil ilmu jurnalistik sebanyak-banyaknya langsung dari orang yang profesional di bidangnya.

  • Menambah wawasan

Menjadi seorang pers mahasiswa, kalian akan memiliki wawasan yang lebih luas. Kalian harus memperdalam wawasan mulai dari isu kesehatan, isu kebudayaan hingga isu politik. Karena seringkali kalian akan ditugaskan menulis berbagai macam artikel, yang tidak selamanya berlatarbelakang jurusan kalian. Hal itu membuat kalian lebih tahu informasi-informasi terkini, dan menjadikan kalian lebih update dibanding teman-teman kalian.

  • Berkesempatan ikut kegiatan penting dengan gratis

Menjadi pers mahasiswa sudah pasti akan dihadapkan dengan rutinitas peliputan. Salah satunya adalah meliput kegiatan seminar. LPM Intelligent seringkali menjadi media partner dari sebuah kegiatan-kegiatan seputar kampus, hingga kegiatan seminar kesehatan nasional. Tentunya kalian akan berkesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut dengan gratis, karena kalian datang sebagai reporter.

  • Mempertajam analisis, ide kritis, inovatif dan kreatif

Menjadi seorang pers mahasiswa, kalian akan terlatih menganalisis sebuah informasi, menyangingkan dengan informasi dan data tambahan, termasuk mengolahnya sehingga dapat diterbitkan menjadi sebuah berita.

  • Peluang karir lebih luas

Keunggulan utama dengan menjadi pers mahasiswa yang aktif, adalah memiliki peluang karir yang lebih luas. Menjadi pers mahasiswa bukan hanya aktif menulis semata. Selain itu juga dipelajari bidang lain, seperti fotografi, editing video, desain grafis, teknik marketing, hingga percetakan. Secara tidak langsung, kalian akan belajar semua hal itu. Sehingga kalian akan memiliki kesempatan lebih besar merambah berbagai lini pekerjaan.

*Reporter: Kru-03