Mahasiswa D3 Keperawatan Poltekkes Makassar Ikuti Upacara Adat Assaukang

oleh

MAKASSAR, INTELLIGENT – Mahasiswa/i Diploma 3 (D3) Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar (PKM), Ikuti Upacara Adat Assaukang yang digelar warga Desa Bulutana, Kecematan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa. Usai panen pertama pada musim kemarau, dirumah adat Butta toa, Selasa (01/7).

Tokoh masyarakat Desa Bulutana, Asrul Insani mengatakan, upacara ini bertujuan untuk mengumpulkan seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama merasakan sukacita.

“Upacara adat tersebut termasuk tradisi tahunan yang wajib dilaksanakan,” katanya.

Ia menjelaskan, Upacara Adat Assaukang merupakan salah satu dari 12 ritual adat tahunan yang digelar didaerah tersebut. Kegiatan ini digelar sebagai perayaan setelah panen dimusim kemarau. Menurutnya upacara ini tidak bertentangan dengan agama.

“Untuk menikmati hasil panen ¬†sekaligus ungkapan rasa syukur warga pada sang pencipta,” jelasnya.

Mahasiswi D3 Keperawatan PKM, Nur Ilma Suciyani mengatakan, sangat senang bisa diberi kesempatan untuk merasakan langsung upacara adat tersebut.

Ia juga berharap agar kegiatan seperti ini, turun temurun terus di lestarikan.

“Saya harap tradisi seperti ini bisa terus dipertahankan dan sampai dikenal masyarakat luas supaya lebih banyak yang bisa menghadiri langsung acara seperti ini,” harap mahasiswi semester 4 ini.

*Reporter :Kru-10