LPM BIOma HMJ Biologi FMIPA UNM Periode 2022-2023 Resmi Membuka Kegiatan DJMTD 2022

oleh -
Pembukaan Diklat Mahasiswa Jurnalistik Tingkat Dasar (DJMTD) 2022 LPM BiOma yang dilaksanakan di FF 105 FMIPA UNM, Jumat (27/05).

MAKASSAR, INTELLIGENT— Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) BIOma Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah melaksanakan pembukaan Diklat Mahasiswa Jurnalistik Tingkat Dasar (DJMTD) 2022 yang dilaksanakan secara luring di FF 105 FMIPA UNM, pukul 13.00 WITA, Jumat (27/05).

Agenda pembukaan DJMTD 2022 ini dibuka langsung oleh Ali Baba selaku Ketua Umum HMJ Biologi FMIPA UNM Tahun 2022 dan dihadiri oleh Steering Committe, pengurus LPM BIOma HMJ Biologi FMIPA UNM periode 2022-2023, Ketua Umum HMJ Biologi FMIPA UNM Tahun 2022, Perwakilan BKMB HMJ Biologi FMIPA UNM periode 2022-2023, Kakanda Demisioner LPM BIOma HMJ Biologi FMIPA UNM, tamu undangan, serta calon reporter baru LPM BIOma HMJ Biologi FMIPA UNM.

Kegiatan ini mengusung tema “Bersatu Membentuk Insan Pers yang Kritis, Kreatif, dan Progresif dalam Menampik Hoax di Era Digital”. Makna dari tema yang diusung adalah berupa harapan bagaimana LPM BIOma nanti melalui DJMTD ini akan melahirkan dan membentuk kader atau insan pers yang mampu berpikir kritis dalam mengolah data dan informasi, kreatif serta progresif dalam mengambil tindakan untuk menampik berita atau informasi yang tidak jelas sumbernya di era sekarang ini atau di era jaman dimana internet is one thing.

Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) Tahun 2022 merupakan salah satu program kerja tahunan dari bidang Risbang yang bergerak dalam kegiatan perekrutan dan pengembangan potensi reporter baru LPM BIOma HMJ Biologi FMIPA UNM. Adapun tahapan kegiatan ini terdiri dari: 1) Pemberian materi dan pelatihan jurnalistik, 2) Proses magang, dan 3) Pengukuhan. Peserta yang telah melewati semua tahap DJMTD 2022 akan dikukuhkan dan resmi menjadi anggota LPM BIOma.

Herlianty Tri Dimas Ayuningtias selaku Ketua Panitia DJMTD 2022 berharap agar sekiranya peserta-peserta DJMTD 2022 atau calon reporter baru dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan DJMTD 2022.

Harapannya untuk DJMTD 2022 semoga kegiatannya lancar, mulai dari pembukaan ini hingga akhir pada saat pengukuhan, bisa melahirkan calon yang mampu berpikir kritis dalam mengolah data dan informasi, serta kreatif. Untuk peserta DJMTD 2022 atau calon reporter baru semoga dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan DJMTD 2022 ini,” harapnya.

Putri Amalia selaku Ketua Bidang Risbang LPM BIOma HMJ Biologi FMIPA UNM Periode 2022-2023 berharap agar melalui DJMTD ini dapat melahirkan jurnalis hebat dan dapat melanjutkan kepengurusan.

Saya berharap dengan DJMTD ini dapat melahirkan jurnalis-jurnalis hebat yang kritis, kreatif dan inovatif. Khususnya di jurusan Biologi yang mampu memberitakan berita yang faktual dan terpercaya yang selanjutnya dapat melanjutkan tongkat estafet kepengurusan ke depannya,” harapnya.

*Reporter: Kru 02