KONGRES KEMA-PKM Masih Menjadi Sebuah Misteri

oleh
KONGRES KEMA-PKM Masih Menjadi Misteri

Makassar, Intelligent – KONGRES merupakan pertemuan besar para perwakilan organisasi untuk bermusyawarah mengambil keputusan bersama.


Terhusus untuk KONGRES KEMA PKM tiap tahun mengawali pergantian estafet organisasi tertinggi baik itu BPM dan BEM yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa lingkup organisasi HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) maupun UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

Adapun hal-hal yang berkaitan dengan KONGRES KEMA PKM telah diatur dalam AD/ART pada Bab 3 mengenai tugas KONGRES KEMA PKM.

Berbeda dengan tahun lalu KONGRES KEMA PKM diselenggarakan sebelum memasuki tahun baru berbeda dengan tahun ini. Hingga berbagai pihak mempertanyakan kepastian mengenai waktu pelaksanan KONGRES ditahun ini.

“KONGRES tahun ini banyak problematika yang terjadi baik tingkat HMJ ataupun UKM dalam lingkup KEMA PKM karena tidak adanya kejelasan kapan akan diadakan KONGRES”, tutur Haerul perwakilan UKM KSR saat dimintai pendapat tentang Kongres tahun ini.

Menurut Ahmad sebagai Wakil Presma BEM PKM menanggapi kendala yang terjadi atas keterlambatan Kongres.

“Keterlambatan Kongres dikarenakan keterlambatan pelantikan kemarin pada bulan 8. Adapun Kongres masih dalam persiapan karena masih ada agenda-agenda wajib lainnya yang membutuhkan persiapan seperti Pra Kongres dan Pemilu Raya”.

Terkait keterlambatan KONGRES tahun ini, Ashabul sebagai Demisioner Ketua BPM tahun lalu pun berpendapat terkait dampak yang ditimbulkan.

“Ketika KONGRES diadakan terlambat otomatis menimbulkan beberapa permasalahan. Pertama Mubes HMJ maupun organisasi KEMA PKM lainnya akan terlambat pula, pelantikan periode selanjutnya akan terlambat, rangsangan untuk belanja tahun depan akan manded, perencanaan program kerja untuk periode selanjutnya akan manded pula dan masih bayak dampak yang akan ditimbulkan oleh keterlambatan Kongres”.

Disisi lain Arnida selaku Ketua BPM Tahun ini juga memberi pendapatnya terkait keterlambatan Kongres.”Kalau mau dikatakan kongres terlambat tidak juga karena itu sudah semua kami perhitungkan BEM dan BPM sudah ancang-ancang kapan kongres tersebut. Kalau dikatakan Kongres ini terlambat kita perlu menggaris bawahi, bulan 12 bukan jadi patokan Kongres karena kita tidak menghitung 1 tahun kepegurusan tetapi 1 periode kepegurusan mulai dari pelantikan sampai demisioner”. 

Beliau juga menambahkan bahwa “Kemungkinan Kongres akan dilaksanakan pertegahan bulan Februari namun kami belum bisa memutuskan kapan pasti tanggal tersebut dikarenakan masih bisa dipercepat ataupun sebaliknya”.

Hingga kini berbagai pihak Organisasi Lingkup KEMA PKM (Keluarga Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Makassar) masih menunggu kepastian waktu Kongres.
*Reporter : Yuliantika, Rusny, Sri Pratiwi, Fitrah Andin