Kenalkan Peran Farmasi Pada Mahasiswa, HJM Farmasi Gelar Seminar Kefarmasian

oleh -
Seminar farmasi pada (14/11) bertema. “Peran Tenaga Kefarmasian Dalam Pelayanan Swamedikasi Kepada Kalangan Masyarakat”

Makassar, Intelligent- Mengenalkan swamedika obat kepada mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan ( HMJ ) Farmasi menggelar Seminar Nasional Kefarmasian secara daring melalui zoom.

Tepatnya tanggal 14 November 2021 kegiatan ini mengambil tema “Peran Tenaga Kefarmasian Dalam Pelayanan Swamedikasi Kepada Kalangan Masyarakat” ini memberikan informasi mengenai pentingnya pengetahuan tentang obat-obatan.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Panitia, Junaedi Ali bahwa ia merasa bahwa mahasiswa perlu dikenalkan pada swamedika mengenai obat apalagi untuk obat tanpa resep dari dokter.

“Kami merasa kita perlu mengetahui swamedikasi mengenai obat apalagi di era ini, tentunya kita perlu mengetahui obat obat yang perlu dikonsumsi tanpa resep dokter maupun dari diagnosa dokter,” ungkapnya

Ia pun menambahkan bahwa manfaan dari seminar ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai penggunaan obat obat dalam kehidupan sehari hari dan pengaplikasiannya di masyarakat umum.

“manfaat yang bisa di dapatkan oleh pesertanya kami yaitu, mereka bisa mengetahui tentang swamedikasi obat”an dan mereka bisa mengaplikasikannya di kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Ia pun berharap bahwa seminar ini dapat memberikan pemahaman kepada peserta bagaimana pentingnya peran farmasi dalam swamedika di era pandemi dan dapat mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari.

“harapannya bisa dilaksanakan hingga akhir acara lalu pesertanya kami mendapatkan pengajaran dan dapat mengaplikasikannya ke masyarakat luas terutama untuk dirinya sendiri,” harapnya.

Kegiatan ini telah mendapatkan kurang lebih 2000 pendaftar ini mendapat kesan dan pesan positif bagi peserta yang mengikuti.

Seperti yang dikatakan salah satu mahasiswa jurusan farmasi, Andi Batari Noviasari bahwa sangat terinspirasi dengan pembawaan dari sang pemateri.

“jadi kesan saya tentunya terhadap narasumber sangat menginspirasi karena pak rusmin memberikan materi serta jawaban dengan baik dan teratur dan tentunya mudah untuk dipahami”, ungkapnya.

Ia pun berharap untuk dirinya dan kepada tenaga kefarmasian yang lain agar dapat tetap memperhatikan pelayanan swamedikasi dan peran dari seorang tenaga kefarmasian.

“harapan saya smeijar ini dapat membantu kita sebagai calon tenaga kefarmasian ataupun yang telah menjadi tenaga kefarmasian untuk lebih memperhatikan perihal pelayanan swamedikasi serta peran kita sebagai tenaga kefarmasian agar masyarakat juga dapat memahami fungsi obat seharusnya,” tambahnya.

*Reporter: Kru M-36