Jurnalis Memposisikan Diri, Imhe Mawar : Harus Sesuai Fakta

oleh -
Pemberian materi "9 Elemen Jurnalistik" oleh Imhe Mawar (06/11)

MAKASSAR, INTELLIGENT – Kegiatan Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) yang mengangkat 5 materi salah satunya 9 elemen jurnalistik yang dibawakan oleh Irmawati Puan Mawar.

Di dalam 9 elemen jurnalistik membahas peranan penting tentang kehidupan masyarakat dan juga menjadi pedoman untuk seorang jurnalis.

Ia mengatakan bahwa jurnalis bukan hanya untuk menulis berita tetapi jurnalis juga harus bisa tanggap dalam mencari informasi.

“selain jurnalis sebagai patriot,jurnalis juga bisa sebagai detektif,” ungkapnya. ia juga mengatakan bahwa seorang jurnalis bisa memposisikan diri untuk menjaga jarak dengan sumber berita.

“Makanya tadi ada point juga di 9 elemen harus independen harus menjaga jarak karena kita terlalu dekat dengan penguasa kita pasti kurang enakan,”Tambahnya

Ia pun menambahkan jika suatu berita disusun berdasarkan fakta berita itu tidak bisa di intervensi.

“Ya kan faktanya seperti itu kami tidak membuat sesuatu melebih-lebihkan faktanya sepertinya itu,”tuturnya.

Bukan hanya memberikan berita yang aktual di dalam materi ini juga berisi beberapa poin penting yang digunakan untuk kegiatan jurnalistik. Sementara itu, kegiatan ini meninggalkan kesan yang baik untuk pemateri kedua dari peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Hal ini diungkapkan oleh Salah satu mahasiswa jurusan D3 keperawatan gigi, Astrid Hoky berharap bisa bertemu dengan sosok yang bisa open minded.

“Saya berharap agar bisa bertemu lebih banyak bertemu dengan orang seperti kak Imhe mawar tadi yang menjelaskan materi yang bisa saling sharing, di samping dia menjelaskan materi dia juga membagi pengalamannya,” tuturnya

*Reporter: Kru M-36