Ikuti Petunjuk Kemenkes, Kemahasiswaan Polkesmas Bagikan Self Assessment

oleh -
Tampilan Google Forms Self Assessment Mahasiswa

MAKASSAR, INTELLIGENT – Bagian Kemahasiswaan Poltekkes Kemenkes Makassar (Polkesmas) telah mengedarkan self assessment di kalangan mahasiswa pada 26 Juni 2020 sebagai bentuk tindak lanjut pihak Kampus atas instruksi yang diberikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Self assessment tersebut dibagikan kepada sivitas akademika di wilayah Polkesmas yang bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap status kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Polkesmas.

Kasubbag Kemahasiswaan, Manjilala, S. Gz., M. Gizi mengatakan bahwa sebelum penyebaran self assessment diberikan kepada mahasiswa, Polkesmas telah membagikan self assessment secara merata pada dosen dan tenaga kependidikan serta cleaning service.

“Ada instruksi dari Kemenkes untuk melakukan self assessment kepada semua unsur yang ada di Kampus, kalau dosen dan tenaga kependidikan termasuk cleaning service sudah dilakukan, nah sekarang giliran mahasiswa,” ujarnya.

Apabila hasil self assessment menunjukkan adanya mahasiswa Polkesmas yang memiliki risiko tinggi terjangkit COVID-19, akan diberikan edukasi oleh tim COVID-19 yang berada di tiap jurusan Polkesmas.

“Nah, untuk mahasiswa yang berisiko tinggi, karena sekarang masih stay di rumah, maka yang bersangkutan akan diberi edukasi oleh tim COVID-19 yang ada di masing-masing jurusan,” kata Manjilala, Sabtu (27/06).

Sementara itu, Manjilala mengungkapkan bahwa dia tidak mengetahui secara pasti adanya kaitan antara data self assessment dengan pertimbangan perkuliahan secara tatap muka, sebab keputusan tersebut didasarkan pada arahan Badan PPSDM Kesehatan dan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Saya tidak tahu apakah data ini akan digunakan untuk pertimbangan perkuliahan dimulai. Soal perkuliahan tergantung instruksi dari Badan PPSDM Kesehatan dan Gubernur Sulsel,” terangnya.

*Reporter: Kru-M11