Gelar Seminar Jurnalistik Perdana, LPM Intelligent Angkat Topik Bijak Bermedia

oleh -
Seminar Jurnalistik LPM Intelligent : Wakil Ketua Bidang Cyber PWI Ir. Suwandi Thahir MI.Kom saat memaparkan materi Bijak Bermedia, Auditorium Tidung Poltekkes Kemenkes Makassar, Sabtu (23/11).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Intelligent Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) untuk pertama kalinya menggelar Seminar Jurnalistik dengan topik “Bijak Bermedia Di Era 4.0”.

Seminar jurnalistik ini menghadirkan tiga pemateri yang menjelaskan pentingnya bijak dalam bermedia, yakni Kepala Dinas Kominfo Sulsel Ir. H. Andi Hadullah, M.Si, Wakil Ketua Bidang Cyber Persatuan Wartawan Indonesia Suwardi Tahir, dan Basubdit 5 Tipidsiber Ditreskrimsus Polda Sulsel AIPDA Adi Darmawan N, S.H.

Ketua panitia, Nurwindy Rahmadhoni mengatakan, tema bijak bermedia diangkat agar dapat memberikan pemahaman terhadap masyarakat khususnya mahasiswa sebagai kaum milenial yang supaya lebih teliti dalam penyebaran sebuah informasi.

“Jangan sampai kita menjadi agen-agen penyebar hoax, sebab jari jemari kita lah yang menentukan,” ujarnya saat dimintai keterangan di Auditorium Tidung PKM, Sabtu (23/11).

Selain pemaparan pentingnya bijak bermedia, dalam seminar jurnalistik kali ini juga dijelaskan ciri-ciri berita hoaks, bahaya menyebarkan hoaks, kode etik pemberitaan, hingga pada sanksi bagi penyebar hoaks. Dengan begitu, diharapkan para peserta seminar dapat lebih bijak dalam menyeleksi dan membedakan informasi valid dan hoaks.

Senada dengan hal tersebut, salah satu peserta seminar, Restu Rahmadhani mengatakan, dengan mengikuti seminar jurnalistik seperti ini, ia dapat lebih memahami perbedaan informasi yang akurat dan informasi hoaks. Ia berharap kedepannya tidak lagi terseret arus dan ikut menjadi penyebarluas informasi yang belum valid.

“Jadi saya juga bisa membagikan kepada teman-teman atau kerabat dan tidak mempercayai hoax,” ujarnya.

*Reporter: Kru-M38