HMJ Farmasi Gelar Seminar Pemanfaatan Obat Herbal

oleh -
Seminar Nasional Kefarmasian : Pemaparan materi pemanfaatan obat herbal, Graha Pena Fajar, Makassar, Sabtu (23/11).

MAKASSAR, INTELLIGENT – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Farmasi Poltekkes Kemenkes Makassar (PKM) menggelar Seminar Nasional bertema “Potensi Pemanfaatan Obat Herbal From Research to Market” yang bertujuan meningkatkan penggunaan obat herbal dikalangan masyarakat.

Sasaran seminar ini difokuskan kepada masyarakat di Indonesia yang masih kurang tertarik untuk mencoba menggunakan obat-obatan herbal yang diolah secara tradisional.

Padahal, menurut WHO, 65% dari penduduk Negara maju dan 80% dari negara berkembang telah menggunakan pengobatan alternatif atau biasa dikenal dengan obat-obatan herbal.

Ketua Panitia seminar, Sri Asriana mengatakan, seminar ini digelar dengan tujuan agar masyarakat tidak hanya terpaku pada penggunaan obat modern di pasaran, namun dapat lebih tertarik mengonsumsi obat herbal yang nyatanya lebih aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kami ingin kembali memberikan eksistensi dari obat herbal, dimana obat herbal itu sendiri tidak memiliki efek samping apapun,” ujarnya saat ditemui usai seminar, Gedung Graha Pena, Makassar, Sabtu (23/11).

Dalam seminar juga dijelaskan jenis-jenis tumbuhan disekitar kita yang nyatanya sangat mudah dijangkau, namun memiliki banyak khasiat dan dapat dijadikan obat. Panitia berharap seluruh peserta seminar dapat lebih peka dan dapat beralih untuk mencoba menggunakan obat herbal.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta seminar, Siti Muarifah Muchsir. Menurutnya, dengan mengikuti seminar kali ini, dapat membantunya lebih mengenal dan memahami manfaat-manfaat dari obat-obatan herbal yang ada disekitar lingkungannya.

“Dengan ikutnya saya diseminarkan kali ini saya dapat mengetahui bahwa banyak manfaat dari obat herbal,” ungkapnya.

*Reporter: Kru-M49